PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG
DWI MUSTIKANINGTYAS UTAMI, 1401411559 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPA bertujuan agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang ditemukan permasalahan yaitu siswa kurang aktif bertanya, konsep yang diberikan masih secara hafalan, penggunaan media belum maksimal, dan belum mengembangkan hasil karya siswa. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dari 47 siswa hanya 17 siswa (36,17%) mendapat nilai di atas KKM sedangkan 30 siswa (63,83%) belum mencapai KKM yaitu 70. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model Problem Based Instruction (PBI) berbantu media Audiovisual. Rumusan masalah penelitian adalah apakah model PBI berbantu media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IVB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model PBI berbantu media Audiovisual kelas IVB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dimana terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 47 siswa kelas IVB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus. Peningkatan tersebut yaitu: (1) keterampilan guru siklus I dan siklus II memperoleh skor 24 dan 28 dengan kriteria baik, siklus III menjadi 34 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 26. Siklus II menjadi 28,5 meningkat pada siklus III menjadi 32,5 dengan kriteria baik, (3) hasil belajar siswa siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,70%, siklus II meningkat menjadi 74,46% dan siklus III menjadi 87,23% dengan KKM 70. Simpulan penelitian yaitu melalui model PBI berbantu media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IVB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Saran dalam penelitian adalah guru hendaknya mempersiapkan perangkat pembelajaran yang lengkap serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat hasil karya dan mengembangkan berpikir kritis bagi siswa dengan pembelajaran berbasis penemuan, bukan hanya hafalan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual, IPA, Kualitas Pembelajaran, PBI |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 02:42 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 02:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21439 |
Actions (login required)
View Item |