KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL CORE DENGAN ASESMEN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI


Layuna , 4101411055 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL CORE DENGAN ASESMEN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411055-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) menguji perbedaan kemampuan koneksi dan disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek, model CORE, dan model ekspositori; dan (3) menguji kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa mana yang paling baik. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 2 Patebon tahun pelajaran 2014/2015. Melalui teknik multistage random sampling, terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode analisis data menggunakan uji proporsi pihak kanan, uji ANAVA, dan uji lanjut Tukey-Kramer. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) terdapat perbedaan kemampuan koneksi dan disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek, model CORE, dan model ekspositori, (3) kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek yang paling baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model CORE dengan asesmen proyek efektif terhadap kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa kelas VIII materi geometri. Peneliti menyarankan bahwa model CORE asesmen proyek dapat digunakan sebagai alternatif bahan penelitian; untuk penelitian yang serupa dengan penelitian ini, sebaiknya lebih mengembangkan materi penelitian; untuk mendapatkan data koneksi matematis siswa yang lebih lengkap, dapat digunakan instrumen dengan format tertulis, lisan, dan demonstrasi; untuk memperoleh data disposisi matematis siswa yang lebih obyektif, sebaiknya digunakan instrumen yang lebih beragam sebagai pembanding atau triangulasi, seperti instrumen tertulis dan interview.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: asesmen proyek; disposisi matematis; koneksi matematis; model CORE.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:25
Last Modified: 12 Nov 2015 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item