KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN KARTU MASALAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VII
Tika Eko Ardiani, 4101411041 (2015) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN KARTU MASALAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Akan tetapi masih banyak siswa yang menghindari matematika karena menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami. Kenyataan di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah (KPM) dan disposisi matematik (DM) siswa rendah. Sehingga diperlukan pembelajaran inovatif yaitu implementasi pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah implementasi pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah efektif dalam peningkatan KPM dan DM siswa kelas VII?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Diambil dua kelas sampel yaitu siswa kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan skala disposisi matematik. Data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian dengan menggunakan uji ratarata (uji t), uji proporsi (uji z), uji kesamaan dua rata-rata (uji t), uji kesamaan dua proporsi (uji z), analisis gain dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil uji t menunjukkan rata-rata KPM siswa kelas eksperimen . Hasil z menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen ; (2) berdasarkan hasil analisis gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai indeks gain yang termasuk dalam kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan peningkatan KPM siswa yang memperoleh pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah lebih baik dibanding peningkatan KPM siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; (3) hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata KPM kelas eksperimen lebih baik dibanding ratarata KPM siswa kelas kontrol. Hasil analisis uji z menunjukkan proporsi banyaknya siswa yang dapat mencapai ketuntasan KPM kelas eksperimen lebih dari proporsi banyaknya siswa yang dapat mencapai ketuntasan KPM kelas kontrol; (4) Hasil uji t menunjukkan tingkat DM siswa kelas eksperimen lebih baik daripada tingkat DM siswa kelas kontrol; (4) hasil analisis menunjukkan persamaan regresi linier ̂ koefisien determinasi sebesar artinya variabel DM siswa (X) mempengaruhi variabel KPM (Y) sebesar . Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah efektif terhadap KPM dan DM siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CRH, Kartu Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:52 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 01:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21419 |
Actions (login required)
View Item |