DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (AKUNTANSI) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012


Iis Latifah, 7101411277 (2015) DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (AKUNTANSI) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411277-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat berwirausaha adalah keinginan untuk memulai suatu usaha baru. Minat wirausaha bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) sangatlah penting dimiliki sebagai alternatif pilihan karir. Berdasarkan survei Pusbang LKBK Unnes pada tahun 2012terhadap mahasiswa yang lulus tahun 2011 ternyata Universitas Negeri Semarang pada umumnya dan Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) pada khususnya terdapat permasalahan serupa yakni terdapat pengangguran dan rendahnya minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) baik secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) angkatan 2012 yang berjumlah 186 mahasiswa dan sampel 127 mahasiswa setelah diolah dengan rumus Slovin pada standar error 5%. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptifdan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap personal, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, pendidikan kewirausahaan, dan faktor keluarga berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswaPendidikan Ekonomi (Akuntansi) 72,2%. Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada variabel independen terhadap variabel dependen. Sikap personal berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa 9,61%. norma subyektif berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa 9%, kontrol perilaku persepsian berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa 10,18%, pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa 11,70%, serta faktor keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa 8,94%.Bedasarkan hasil penelitian di atas, dapatdisimpulkan sikap personal, norma subyektif, kontrol perilaku persepsian, pendidikan kewirausahaan, dan faktor keluarga berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) angkatan 2012. Saran Mahasiswa diharapkan memiliki kesadaran sendiri mencari sumber pendidikan kewirausahaan yang lain apabila pendidikan kewirausahaan yang diperoleh dari keluarga dan lingkungan dirasa kurangdan pendidikan kewirausahaan tidak hanya memberikan teori tetapijuga dengan memberikan pelatihan kewirausahaan, FE UNNES dapat memperkenalkan dunia usaha kepada mahasiswa. Hal ini dapat memberikan inspirasi ide-ide mahasiswa untuk berwirausaha

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Personal, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Persepsian, Pendidikan Kewirausahaan, Faktor Keluarga, Minat Berwirausaha.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:05
Last Modified: 12 Nov 2015 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item