DAMPAK SOSIAL EKONOMI AKIBAT ADANYA USAHA TERNAK AYAM BROILER (Studi Kasus di Desa Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung)


Heny Mega Anjani , 3401411031 (2015) DAMPAK SOSIAL EKONOMI AKIBAT ADANYA USAHA TERNAK AYAM BROILER (Studi Kasus di Desa Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411031-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha peternakan yang berada di Dusun Wadas ini dianggap mengganggu aktivitas kehidupan yang ada di sekitarnya, terutama masalah banyaknya lalat dan bau kotoran ayam broiler yang sangat menyengat. Selain meningkatkan produktivitas lahan yang digunakan dan juga perekonomian masyarakat tetapi juga mengakibatkan dampak yang mengganggu warga yang berada di sekitarnya, meskipun demikian masyarakat tetap tinggal diam, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana respon masyarakat akibat adanya usaha ternak ayam broiler di Desa Wadas, bagaimana dampak sosial yang terjadi akibat adanya usaha ternak ayam broiler di Desa Wadas serta upaya apa yang sudah dilakukan baik dari pemilik usaha, masyarakat, maupun aparat setempat dala menanggulangi pencemaran lingkungan akibat adanya usaha ternak ayam broiler yang ada di Desa Wadas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata yang tertulis didapat dari wawancara atau perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, daftar pustaka dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Dusun Wadas Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Respon masyarakat akibat adanya usaha ternak ayam broiler yaitu apatis, reaktif, kontra; 2) Dampak sosial masyarakat akibat adanya usaha ternak ayam broiler yaitu dampak negatif seperti bau kotoran ayam dan banyaknya lalat. Dampak positifnya seperti mendapakan kontribusi dari pemilik usaha, membantu perekonomian masyarakat sekitar, pemilik usaha membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yaitu masyarakat menukarkan hasil pekerjaan batu bata sesuai kebutuhan; 3) Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi pencemaran lingkungan yaitu warga membeli obat lalat secara pribadi, pemilik usaha berupaya mengobat lalat dan menjual limbah kotoran ayam agar tidak mengganggu masyarakat sekitar, dari aparat setempat tidak ada upaya yang dilakukan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan. Saran untuk pemilik usaha sebaiknya harus dapat mengatasi bau serta banyaknya lalat yang ada disekitar, dan juga harus dapat memberdayakan warga yang ada di sekitarnya, untuk aparat sebaiknya dapat merekomendasikan pada warga yang ingin mendirikan usaha ternak dekat dengan pemukiman sebaiknya usaha yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Broiler, Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:30
Last Modified: 12 Nov 2015 00:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21364

Actions (login required)

View Item View Item