ANALISIS MUATAN MATERI POLITIK BUKU KELAS 4 SEKOLAH DASAR
Dhekawati , 3301410022 (2014) ANALISIS MUATAN MATERI POLITIK BUKU KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (661kB) | Preview |
Abstract
Buku merupakan hal pokok dan penting dalam pendidikan. Buku berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan guna mencapai tujuan pendidikan. Buku dijadikan sebagai pegangan oleh siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang muatan materi pada buku teks di lihat dari sudut pandang satu mata pelajaran yaitu PPKn. Materi yang ingin dikaji terkait dengan materi politik yang ada dalam buku teks tersebut. Permasalahan yang diungkapkan adalah : bagaimanakah muatan materi politik dalam buku kelas 4 SD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui muatan materi pada buku teks tematik kelas 4 SD yang dijadikan pedoman pembelajaran pendidikan politik untuk anak-anak. Penelitian ini merupakan penelitian content analysis (analisis isi) dengan objek penelitian adalah buku teks tematik kelas 4 SD terbitan Kemendikbud 2013. Fokus penelitian ini melihat muatan materi politik pada buku tematik kelas 4 SD dari analisis civic knewledge, skills, dan disposition,. Uji keabsahan hasil penelitian ini menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengelompokan isi buku kemudian dilakukan analisis terhadap isi buku. Buku kelas 4 SD, buku tematik terbitan Kemendikbud 2013 merupakan buku teks yang berbasis aktivitas. Dalam buku ini cenderung sedikit materi yang dijabarkan, karena fokus pemahaman siswa pada aktivitas mandiri dan kelompok yang ada dalam buku. Analisis isi buku tematik kelas 4 SD terbitan Kemendikbud 2013, berdasarkan civic knewledge, skills dan disposition sesuai dengan kurikulum baru 2013, ruang lingkup yang terdapat dalam materi PPKn yaitu tentang simbol-simbol Pancasila dan lambang negara; hak, kewajiban dan tanggung jawab warga negara; makna keberagaman personal, sosial dan kultural; persatuan dan kesatuan; moralitas sosial dan politik warga negara atau pejabat negara dan tokoh masyarakat, semuanya telah terjabarkan dalam buku ini. Civic skillsyang dijabarkan berdasarkan aktivitas siswa dalam setiap pembelajarannya, kemudian di simpulkan civic disposition yang muncul. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam buku teks tematik kelas 4 SD terbitan Kemendikbud 2013 ini terdapat muatan materi politik dalam bentuk kegiatan siswa, melalui pengenalan simbol-simbol negara, pemahaman kebangsaan dan juga kegiatanpolitik dasar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Politik, Sekolah Dasar, Buku Teks. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | muhammad farhan unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 23:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 23:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21318 |
Actions (login required)
View Item |