PENGEMBANGAN ENTERACNIC MEDIA OF BIOLOGYDI SMPLB - B (TUNARUNGU)
Intan Permata Dewi, 4401410085 (2015) PENGEMBANGAN ENTERACNIC MEDIA OF BIOLOGYDI SMPLB - B (TUNARUNGU). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Physical environment merupakan salah satu komponen penting pendukung proses pembelajaran bagi siswa tunarungu. Salah satu physical environment yang mendukung proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Pengembangan Enteracnic media of biology merupakan inovasi bagi anak berkebutuhan khusus, terutama siswa tunarungu. Enteracnic media of biology merupakan media pembelajaran interaktif berbasis elektronik yang dikembangkan dengan program flash. Enteracnic media of biology di desain sesuai kebutuhan siswa tunarungu yaitu dengan adanya video sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI) sebagai penunjang tambahan untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi yaitu Enteracnic Media of Biology untuk siswa tunarungu, mengetahui kevalidan Enteracnic Media of Biology yang dikembangkan oleh peneliti, dan menganalisis keefektifan Enteracnic Media of Biology. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat diketahui apakah Enteracnic Media of Biology valid, efektif dan dapat digunakan oleh siswa tunarungu. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data yang diambil berupa validitas Enteracnic media of biology dari dosen ahli media dan media, tanggapan guru, tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif, serta pengingkatan hasil belajar yang dianalisis dengan uji N-Gain. Enteracnic media of biology dikatakan layak apabila penilaian validator mencapai kriteria layak dan dikatakan efektif apabila terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Enteracnic media of biology layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa tunarungu dari validator media dan materi. Hasil tanggapan siswa dan guru terhadap Enteracnic media of biology sangat baik yang artinya guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap Enteracnic media of biology. Signifikansi nilai pretest dan posttest pada uji N-Gain menunjukkan kriteria sedang yang artinya Enteracnic media of biology dapat diterapkan dalam pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa Enteracnic media of biology layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa tunarungu. Enteracnic media of biology efektif diterapkan dalam pembelajaran dan terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah Enteracnic media of biology ini perlu dikembangkan menjadi seri materi lainnya agar pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Enteracnic media of biology, sistem pencernaan manusia, tunarungu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Unnes Margi Fitriawan |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 21:46 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 21:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21241 |
Actions (login required)
View Item |