PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DI KELAS IV SDSAMPANGAN 01 SEMARANG


Puji Rahayu, 1401410299 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DI KELAS IV SDSAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410299-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Sampangan 01 Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran yaitu siswa belum dibentuk ke dalam kelompok diskusi, tidak semua siswa dapat memahami dan menyelesaikan permasalahan yang disajikan oleh guru, sehingga 18 dari 30 siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 40%.Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menggunakan modelTTW untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika tema Selalu Berhemat Energi.Pada modelTTWsiswa diberi kesempatan untuk berpikir tentang materi, siswa dibimbing untuk berdiskusi, dan siswa diarahkan untuk menulis jawaban yang benar daripertanyaan. Rumusan permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran tema selalu berhemat energi melalui modelTTW berbantuan CD Interaktif pada siswa kelas IV SD Sampangan 01 Semarang?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tema selalu berhemat energi melalui modelTTW pada siswa kelas IV SD Sampangan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Sampangan 01 Semarang.Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 21 menjadi 28,5. Perilaku belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 11,7 menjadi 19,5. Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 9,5 menjadi 11,5. Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 6 menjadi 6,5. Mediapembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 5,5 menjadi 6. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 76% menjadi 96%.Kompetensi keterampilan siklus I dan siklus II memperoleh skor capaian optimum 4. Kompetensi sikap spiritual meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu memperoleh skor modus 2 (Cukup) menjadi 3,5 (Baik). Kompetensi sikap sosial meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu memperoleh skor modus 2 (Cukup) menjadi 3,5 (Baik). Simpulan penelitian ini adalah dengan modelTTW dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Sampangan 01 Semarang. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif salah satunya adalah modelTTW.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Think-Talk-Write.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:46
Last Modified: 11 Nov 2015 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21200

Actions (login required)

View Item View Item