FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASIPERKANTORAN SMK NEGERI 2 SEMARANGTAHUN AJARAN2014/2015
Anna Khalida Khasanah, 7101411182 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASIPERKANTORAN SMK NEGERI 2 SEMARANGTAHUN AJARAN2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
SMK Negeri 2 Semarang memiliki penetapan KKM mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran yaitu 75. Berdasarkan nilai ulangan akhir semester gasal, dari 107 siswa tercatat sebanyak 91 siswa atau sebanyak 85% masih belum tuntas. Hal ini dapat dijadikan indikasi bahwa siswa kelas X AP mengalami kesulitan dalam mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dan seberapa besar kontribusi faktor-faktor tersebut terhadap kesulitan belajar mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X program keahlianAdministrasi Perkantoran SMK Negeri 2 SemarangTahun 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang Tahun 2014/2015 sebanyak107 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian populasi.Alat pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 23 faktor mereduksi menjadi 17 faktor yang masing-masing mengelompok menjadi5 (lima) faktor yaitu:1) Lingkungansekolah mempunyai kontribusisebesar 36,647%. Faktor dukungan orang tua mempunyai kontribusi sebesar 9,486%. Faktor intelegensi dan kesehatan siswamempunyai kontribusi sebesar 8,300%. Faktorkurikulum dan relasi Siswa mempunyai kontribusi sebesar6,590%.Faktorlingkungan dan aktivitas masyarakatmempunyai kontribusi sebesar6,119%. Total presentase komulatifadalah sebesar 67,142% sedangkan sisanya sebesar 32,858% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar kelima faktor yang terbentuk.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Semarang dapat dipengaruhi oleh 5kelompok faktor. Saran yang diajukan yaitu dukungan sekolah, ketersediaan buku literature yang terbatas, tingkat intelegensi siwa, evaluasi terhadap kurikulum 2013, pelayanan bimbingan siswa dan kesadaran orang tua dalam mengawasi dan membimbing anaknya dalam belajarperlu di tingkatkan untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 18:39 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 18:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21198 |
Actions (login required)
View Item |