PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA KOMPETENSI DASAR EKONOMI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 02 SEMARANGTAHUN AJARAN 2014/2015


Wdyarini Nur Insanni Al-Jufri, 7101411177 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU PADA KOMPETENSI DASAR EKONOMI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 02 SEMARANGTAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411177-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Berdasarkan hasil belajar IPS terpadu pada kompetensi dasarekonomi siswa kelas VII MTs Negeri 02 Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang diambil dari rata-rata nilai ulangan harian dan penugasan, dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 238 sebanyak84siswa (35,3%) siswa memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapatpengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kecerdasan emosional dan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar IPS terpadu pada kompetensi dasarekonomi siswa kelas VII MTs Negeri 02 Semarang baik secara simultan maupun parsial.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi 238 siswa kelas VII MTs Negeri 02 Semarang dan sampel sebanyak150 siswa yang diambil secara proportional random sampling.Metode pengumpulan data menggunakandokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakananalisisdeskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kecerdasan emosional dan kepercayaan diri siswa terhadap hasilbelajar IPS terpadu pada kompetensi dasarekonomi secara simultan yaknisebesar 43,6%. Sedangkan secara parsial persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajarsebesar 7,3%, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajarsebesar 8%, dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajarsebesar 16,9%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kecerdasan emosional dan kepercayaan diri siswa berpengaruh terhadap hasilbelajar IPS terpadu pada kompetensi dasar ekonomi. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalahdiharapkan siswa lebih meningkatkan keterampilan sosialdan kecintaan pada dirinya sendiri agar dapatmeningkatkan hasilbelajar IPS terpadu pada kompetensi dasarekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Kecerdasan Emosional, dan Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 18:30
Last Modified: 11 Nov 2015 18:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21194

Actions (login required)

View Item View Item