PENGARUH JALUR SELEKSI MASUK, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2014
Rizki Rahma Pratami, 7101411175 (2015) PENGARUH JALUR SELEKSI MASUK, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh perbedaan jalur seleksi masuk, lingkungan keluarga dan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNNES tahun 2014secara simultan maupun parsial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar antara jalur seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, dan SM. Dan megetahui adakah pengaruh perbedaan jalur seleksi masuk, lingkungan keluarga dan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNNES tahun 2014secara simultan maupun parsial.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNNES tahun 2014 dengan sampel sebanyak 110 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukan (1) ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa jalur seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, dan SM. (2) ada pengaruh jalur seleksi masuk terhadap prestasi belajar mahasiswa. (3) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa. (4) ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa. (5) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa jalur seleksi masuk, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Saranbagi orang tua hendak memperhatikan anak dan memberi dukungan kepada anak agar mereka dapat termotivasi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Bagi mahasiswa agar meningkatkan motivasi belajarnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, jalur seleksi masuk, lingkungan keluarga, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 18:25 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 18:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21192 |
Actions (login required)
View Item |