PELATIHAN PEMBUKUAN DAN PEMASARAN MELALUI INTERNET USAHA BATIK TULIS DI KELURAHAN JEPON KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA
Milly Evelin Masita Salindri, 7101411141 (2015) PELATIHAN PEMBUKUAN DAN PEMASARAN MELALUI INTERNET USAHA BATIK TULIS DI KELURAHAN JEPON KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kerajinan Batik Tulis termasuk salah satu usaha kecil menengah yang harus dikembangkan. Membatik merupakan tindakan yang terikat erat pada tata nilai sosial-budaya yang berlaku dalam masyarakat pendukung tradisi seni kerajinan batik itu sendiri. Terjadinya perubahan ekonomi dan meningkatnya kebutuhan akan batik menyebabkan industri rumah tangga ini berkembang menjadi industri yang dikelola oleh para pengusaha dan pedagang batik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana membuat pembukuan usaha batik di Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora dan bagaimana cara pemasaran produk usaha batik di Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora dengan melalui internet.Sasaran penelitian ini adalah Usaha Batik Blora di Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora yang aktif, yaitu Usaha Batik Posyandu Lestari Handayani dan Batik Mustika Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pembukuan Usaha Batik Posyandu Lestari Handayani dan Batik Mustika Blora belum tertata dengan baik, masih menggunakan pembukuan sederhana. Sehingga keuangan usaha batik masih tercampur dengan keuangan pribadi pemilik usaha dan penghitungan keuntungan masih berdasarkan prakiraan. Pemasaran produk melalui media internet juga belum berjalan dengan baik, sehingga pembeli sebagian besar hanya dari dalam Kabupaten Blora, dan produk batik blora belum dikenal luas hingga ke luar Kabupaten Blora.Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu dalam pembuatan pembukuan Batik Posyandu Lestari Handayani dan Batik Mustika Blora, pengrajin harus menganalisis dengan teliti transaksi apa saja yang terjadi, sehingga tidak akan salah penulisan di dalam pembukuan. Sedangkan dalam pemasaran produk di internet, sebaiknya ditentukan pukul berapa para pembeli dapat melakukan pembelian melalui internet. Sehingga, pengrajin harus memantau blog, akun instagram, serta akun twitter usaha batik pada jamyang telah ditentukan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan Pembukuan, Pemasaran Produk di Internet. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 17:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 17:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21182 |
Actions (login required)
View Item |