ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA ENGINE 1TR-FE
Azhar Mardiansyah , 5211312043 (2015) ANALISIS PERFORMA MESIN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA TOYOTA KIJANG INNOVA ENGINE 1TR-FE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahan bakar yang disubsidi oleh pemerintahlah yang dipilih masyarakat sebagai bahan bakar kendaraan yaitu premium. Bahan bakar minyak premium berwarna kekuningan yang jernih yang dipasarkan oleh pertamina. Premium memiliki angka oktan atau Research Octane Number (RON) terendah dari bahan bakar minyak yang lain, yakni 88. Tujuan dari analisis ini untuk mengetahui kondisi performa mesin dengan mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar premium. Pengambilan data analisis dilakukan dengan alat uji dinotest yang tersedia di laboratorium teknik mesin Universitas Negeri Semarang. Dinotest merupakan alat untuk mengetahui hasil daya dan torsi dari kendaraan. Pengujian dengan dinotest dengan cara dihubungkannya kabel dari dinotest ke oli mesin dan ke rangka mobil, mobil diposisikan berada di roller dinotest. Dinotest terhubung dengan monitor komputer dan CPU yang menggunakan software LPS 3000. Pengambilan data uji dengan menginjak pedal terus-menerus dengan 5 gigi percepatan bertahap, waktu menekan pedal tetap sampai RPM 6000. Beberapa kali pengujian data untuk menghasilkan daya dan torsi tertinggi rata-rata. Hasil dari pengujian menggunakan bahan bakar premium yaitu menghasilkan torsi tertinggi rata-rata 164.6 (Nm) dengan RPM 3540 dan daya tertinggi rata-rata 88 (kW) di RPM 5607. Pada premium torsi yang dihasilkan lebih tinggi tetapi daya yang dihasilkan kecil. Penggunaan bahan bakar premium ada pengaruhnya yaitu torsi yang dihasilkan menurun yang mengakibatkan daya yang dihasilkan berkurang. Suara mesin menjadi lebih berisik, karena bahan bakar premium mengandung angka oktan yang rendah serta mudah terbakar dan mesin kijang innova memiliki rasio kompresi yang tinggi yaitu 9,8:1. Batas standar premium pada rasio kompresi 9,0:1. Bahan bakar premium proses pembakarannya cepat, sebelum busi memercikan api pada saat TMB (titik mati bawah) bahan bakar premium sudah mulai terbakar. Sehingga terjadi tekanan yang besar di dalam silinder piston (detonasi). Itu yang menyebabkan adanya suara di mesin. Berdasarkan analisis performa mesin menggunakan bahan bakar, maka disarankan kijang innova rasio kompresinya tinggi 9,8:1 dianjurkan untuk bahan bakar dengan oktan tinggi seperti pertamax dan pertamax plus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | premium, daya, torsi, dinotest |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | risma nur unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 17:27 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 17:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21164 |
Actions (login required)
View Item |