PENGARUH MODEL LATIHAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP PRESTASI OVERHEAD LOB (Eksperimen pada pemain putra Persatuan Bulutangkis Pendowo Semarang usia 11-13 tahun 2014)


Fajar Setya Wicaksana , 6301410004 (2015) PENGARUH MODEL LATIHAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP PRESTASI OVERHEAD LOB (Eksperimen pada pemain putra Persatuan Bulutangkis Pendowo Semarang usia 11-13 tahun 2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6301410004-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah prestasi overhead lob harus didukung dengan model latihan. Model latihan dapat dikembangkan dengan latihan drill dan pola pukulan. Permasalahan penelitian adalah 1) Apakah ada pengaruh model latihan overhead lob drill dan lengan panjang terhadap prestasi overhead lob?, 2) Apakah ada pengaruh model latihan overhead lob drill dan lengan pendek terhadap prestasi overhead lob?, 3) Apakah ada pengaruh model latihan overhead lob dengan pola pukulan dan lengan panjang terhadap prestasi overhead lob?, 4) Apakah ada pengaruh model latihan overhead lob dengan pola pukulan dan lengan pendek terhadap prestasi overhead lob?, 5) Apakah ada interaksi antara model latihan dan panjang lengan terhadap prestasi overhead lob?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian pemain putra Persatuan Bulutangkis Pendowo Semarang usia 11-13 tahun 2014 berjumlah 20 pemain. Sampel penelitian berjumlah 20 pemain sedangkan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian digunakan instrumen test anthopometer dan tes overhead lob sedangkan analisis data digunakan analisis anava dua jalur. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh model latihan overhead lob drill dan lengan panjang terhadap prestasi overhead lob, 2) Ada pengaruh model latihan overhead lob drill dan lengan pendek terhadap prestasi overhead lob, 3) Ada pengaruh model latihan overhead lob dengan pola pukulan dan lengan panjang terhadap prestasi overhead lob, 4) Ada pengaruh model latihan overhead lob dengan pola pukulan dan lengan pendek terhadap prestasi overhead lob, 5) Tidak ada interaksi antara model latihan dan panjang lengan terhadap prestasi overhead lob. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pemain Persatuan Bulutangkis Pendowo Semarang tahun 2014 perlu menggunakan model latihan dengan model latihan overhead lob dengan pola pukulan untuk meningkatkan prestasi overhead lob

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: latihan overhead lob drill, latihan overhead lob dengan pola pukulan dan panjang lengan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:14
Last Modified: 11 Nov 2015 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21154

Actions (login required)

View Item View Item