PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI DI SMK PGRI 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Teguh Hadi Setiyawan, 7101411066 (2015) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI DI SMK PGRI 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasibelajar merupakan penilaian hasil kegiatan belajar yang dinyatakan dengan angka atau nilai. Prestasi belajardipengaruhi oleh faktor intern maupun ektern, penelitian ini bermaksud untuk mengetahuibukti empiris adanya pengaruh dari kesiapan belajar siswa,disiplin belajar siswa, lingkungan keluarga siswa dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI akuntansi di SMK PGRI 01 Semarang Tahun Pelajaran2014/2015, baik secara simultanmaupun secara parsial.Penelitian populasi yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK PGRI 01 Semarang Tahun Pelajaran2014/2015 yang berjumlah 60 siswa, dengan Prestasi Belajar sebagai varibel dependen atau terikat (Y)dan dengan variabel independen (X) Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar.Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode koesioner atau angket, serta penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS versi 21.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruhkesiapan belajar siswa,disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI akuntansi di SMK PGRI 01 Semarang Tahun Pelajaran2014/2015, secara simultansebesar 45,4% terhadap prestasi belajar komputer akuntansi SMK PGRI 01 Semarang. Secara parsial pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 7,6%, pengaruh disiplin belajar sebesar 16,24% dan pengaruh lingkungan keluarga siswa terhadap prestasi belajarsebesar9,54%.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan dan parsialkesiapan belajar siswa,disiplin belajar siswa, lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 01 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran bagi siswa, diharapkan lebih meningkatkan kesiapan belajarnya serta hendaknya lebih disiplin dalam belajar baik disekolah maupun dirumah. Bagi guru, hendaknya memberikan stimulus agar siswa tetap siap dalammengikutikegiatan belajar. Bagi orangtua, sebaiknya selalu memperhatikan, memberikan semangat dalam kegiatan belajar anaknya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 14:33 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 14:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21087 |
Actions (login required)
View Item |