KEGIATAN PEMBINAAN ROHANI DALAM UPAYA MENGUBAH PERILAKU SOSIAL PESERTA REHABILITASI NARKOBA DI RUMAH DAMAI DESA CEPOKO KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG


Mujiati, 1201411053 (2015) KEGIATAN PEMBINAAN ROHANI DALAM UPAYA MENGUBAH PERILAKU SOSIAL PESERTA REHABILITASI NARKOBA DI RUMAH DAMAI DESA CEPOKO KECAMATAN GUNUNG PATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411053-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan UU No 35 Tahun 2009 Pasal 57, selain melalui pengobatan atau rehabilitasi medis, penyembuhan pecandu narkotika dapat diselenggarakan oleh instansi pemerintah atau masyarakat melalui pendekatan keagamaan dan tradisional. Salah satunya melalui pembinaan rohani yang diharapkan mampu mengubah perilaku sosial peserta rehabilitasi agar dapat kembali pada fungsi sosialnya untuk melanjutkan hidupnya secara sehat dan normal. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan rohani, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan rohani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan rohani, serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembinaan rohani. Pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang terdiri dari 4 peserta dan 2 pembina. Sementara informan berjumlah 1 orang yaitu ketua kegiatan pembinaan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kegiatan pembinaan rohani di Rumah Damai meliputi WL DEVO, sesi Pagi, DVD khotbah, sesi malam, bible study, morning meeting, doa kamar, doa blok, movie, ibadah ke Gereja. Faktor pendukung dalam proses pembinaan ini adalah sarana dan prasarana cukup memadai, lokasi Rumah Damai jauh dari keramaian jalan raya, mitra kerja Rumah Damai dengan pihak luar, Pembina yang berpengalaman, metode pembinaan, dan motivasi dari dalam diri peserta. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang sosial budaya peserta berbeda, kurangnya tenaga ahli profesional, kejenuhan peserta. Terdapat perubahan perilaku sosial peserta setelah mendapatkan pembinaan rohani yaitu menjadi percaya diri ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal, komunikasi semakin bagus, pikiran tidak kacau lagi, rajin beribadah dan kepeduliannya semakin meningkat. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembinaan rohani di Rumah Damai meliputi WL DEVO, sesi Pagi, DVD khotbah, sesi malam, bible study, morning meeting, doa kamar, doa blok, movie, ibadah ke Gereja. Faktor pendukung meliputi internal dan eksternal. Hambatan meliputi internal dan eksternal. Ada perubahan perilaku sosial peserta ke arah positif setelah mendapatkan pembinaan rohani. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya peserta diberi pembinaan yang lain, merekrut tenaga ahli yang profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaan rohani, perilaku sosial, rehabilitasi narkoba.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:45
Last Modified: 11 Nov 2015 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21051

Actions (login required)

View Item View Item