PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENYIMAK PENGUMUMAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B SD NEGERI KALISUBE KABUPATEN BANYUMAS


Arsyta Nurulhikmah, 1401411486 (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENYIMAK PENGUMUMAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B SD NEGERI KALISUBE KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411486-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran menyimak pengumuman pada kelas IV B SD Negeri Kalisube Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Pembelajaran yang dilakukan bersifat klasikal dan kurang variatif dalam penyampaian materi menyimak pengumuman. Intensitas guru dalam menggunakan metode dan model pembelajaran inovatif masih jarang. Pembelajaran lebih sering menggunakan metode konvensional atau berpusat pada guru (teacher centered). Hal ini menyebabkan peserta didik mudah merasa jenuh karena hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Berdasarkan masalah yang terjadi, peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu “Apakah penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik serta performansi guru kelas IV B SD Negeri Kalisube Kabupaten Banyumas pada materi menyimak pengumuman?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran yang ditingkatkan dalam penelitian ini meliputi aktivitas dan hasil belajar peserta didik serta performansi guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian meliputi guru dan 20 peserta didik kelas IV B SD Negeri Kalisube Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen tes, dan instrumen non tes. Persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 47,49% dengan kategori sedang. Aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 55,72% dengan kategori aktif. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%. Nilai performansi guru pada siklus I sebesar 80,2 dengan kategori B. Nilai performansi guru pada siklus II meningkat menjadi 86,8 dengan kategori A.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, menyimak pengumuman, model Course Review Horay
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:35
Last Modified: 11 Nov 2015 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item