PARTISIPASI ANGGOTA PADA KEGIATAN KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN PERANNYA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN


Ignatius Agung Dwi Nugroho , 1201411025 (2015) PARTISIPASI ANGGOTA PADA KEGIATAN KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN PERANNYA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411025-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan Kopma Unnes, mengetahui tingkat partisipasi anggota dalam mengikuti kegiatan, mendiskripsikan peran kegiatan Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan pada anggota, dan mengetahui tingkat jiwa kewirausahaan yang dimiliki anggota serta kendala yang dihadapi dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan anggota. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif kuantitatif . Subyek penelitian yaitu mahasiswa anggota Kopma Unnes aktif dari beberapa fakultas di Unnes dari angkatan 1, 2, dan 3 sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Keabsahan data dengan triangulasi sumber yaitu dengan cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Data temuan dianalisis secara interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dan perhitungan presentase yang kemudian didiskripsikan untuk menarik kesimpulan, kategori nilai yang digunakan dalam perhitungan presentase yaitu sangat tinggi, tinggi, cukup, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan lanjut, dan pelatihan berlanjut. Partisipasi anggota dalam mengikuti kegiatan tinggi dengan skor akhir sebesar 71,47% artinya anggota dapat berkontribusi dalam kegiatan keanggotaan dan permodalan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kopma Unnes dapat berperan sebagai motivator, innovator, dan pelatih dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan anggotanya. Jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh anggota tinggi dengan skor akhir sebesar 76,4% artinya anggota memiliki sikap kepemimpinan, berorientasi pada tugas dan hasil, orientasi pada masa depan, kreativitas, pengambilan resiko, dan kepercayaan diri. Kendala yang dihadapi dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan anggota yaitu kegiatan Kopma Unnes yang terkadang tumbukan dengan kegiatan perkuliahan, kegiatan banyak diikuti oleh angkatan 1, 2, dan 3 saja, adanya miss komunikasi antar pengurus yang menyebabkan kurangnya koordinasi, serta kesulitan dalam menghadirkan narasumber yang sesuai dengan kegiatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggota, Peran Kegiatan Koperasi, Jiwa Kewirausahaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:18
Last Modified: 11 Nov 2015 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21037

Actions (login required)

View Item View Item