PENGARUH HASIL BELAJAR DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP


Mailiz Zaniq Hilmi , 4001411015 (2015) PENGARUH HASIL BELAJAR DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411015-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil Observasi diperoleh bahwa guru jarang menerapkan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa, guru kurang memadukan pembelajaran dengan fenomena alam dan guru yang kurang memacu siswa untuk memiliki sikap ilmiah.Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran kurang menarik dan kurang mengaktifkan siswa sehingga hasil belajar dan sikap ilmiah siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar menggunakan metode Talking Stick dibandingkan metode lain dan mengetahui pengaruh hasil belajar dengan Talking Stick terhadap sikap ilmiah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN 11 Semarang, sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C diambil dengan teknik purposive sampling.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain Postest Only Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80,4% sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 76,1% dengan uji mann-witney sebesar p=0,001 < α=0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang segnifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang diajar dengan menggunakan metode Talking Stick memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan metode diskusi dan presentasi. Hubungan antara hasil belajar dengan metode talking stik dan sikap ilmiah diperoleh dengan r hitung=0,363 dan r tabel 0,349 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar dengan metode Talking Stick dan sikap ilmiah dengan tingkat hubungan rendah. Pengaruhnya sebesar 13,22%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang tidak mendukung dalam penelitian yang menyebabkan korelasi rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Talking Stick, Sikap Ilmiah
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:57
Last Modified: 11 Nov 2015 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21025

Actions (login required)

View Item View Item