PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA EKOSISTEM


Siska Nugraheni Margiastuti, 4001411004 (2015) PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA EKOSISTEM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah dengan penerapan model guided inquiry pada tema ekosistem dan efektifitas model guided inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimen Design dengan metode Nonequivalent Control Group Design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII J SMP Negeri 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 pada semester genap. Pengumpulan data menggunakan draft wawancara guru, data hasil belajar yang didapatkan dari pretest dan posttest, lembar observasi sikap ilmiah siswa dan lembar angket tanggapan siswa terhadap model guided inquiry. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan model guided inquiry dengan lima tahap yaitu merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menginterpretasi data, dan membuat kesimpulan. Model pembelajaran yang digunakan berbantuan LKS. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata presentase sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen adalah 86, dan kelas kontrol sebesar 82. Hasil perhitungan uji t sikap ilmiah siswa diperoleh thitung > ttabel dengan thitung = 3,464 dan ttabel= 1,671. Perhitungan pemahaman konsep siswa dengan N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kriteria sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kriteria sedang. Hasil perhitungan uji t hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel dengan thitung = 1,776 dan ttabel= 1,671. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided inquiry efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep, Ekosistem
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:47
Last Modified: 11 Nov 2015 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item