PENGARUH LEMBAR TUGAS MANDIRI BERBASIS INKUIRI MENGGUNAKAN ICT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENANAMKAN KREATIVITAS DAN KARAKTER PESERTA DIDIK


Fitria Nur Aini, 4001411029 (2015) PENGARUH LEMBAR TUGAS MANDIRI BERBASIS INKUIRI MENGGUNAKAN ICT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENANAMKAN KREATIVITAS DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411029-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA menurut Kurikulum 2013 mengimplementasikan pendekatan saintifik sehingga diharapkan pembelajaran berbasis inkuiri. Pembelajaran ini diharapkan mampu memicu kreativitas dan memperkuat karakter peserta didik. Kreativitas dapat ditanamkan melalui pembelajaran berbasis teknologi atau ICT sehingga peserta didik dapat memecahkan permasalahan secara mudah. Penanaman karakter dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan budaya melalui nilai-nilai luhur Pancasila yang disisipkan pada kegiatan pembelajaran. Penekanan karakter dan kreativitas peserta didik dapat dilakukan melalui pemberian tugas mandiri berbasis inkuiri menggunakan ICT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lembar tugas mandiri berbasis inkuiri menggunakan ICT dalam menanamkan kreativitas dan karakter peserta didik. Desain dari penelitian ini adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2014/2015 kelas VIIF sebagai kelas kontrol dan kelas VIIG sebagai kelas ekperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk mencari data awal pemahaman konsep peserta didik, metode tes dengan menggunakan post-test only design dan metode observasi untuk memperoleh data karakter dan kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kreativitas, karakter dan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang telah ditegaskan melalui uji t. Pembelajaran IPA tema klasifikasi berbasis inkuiri menggunakan ICT memberikan kontribusi sebesar 39.079% terhadap pencapaian tingkat kreativitas peserta didik dan 49.655% terhadap pencapaian tingkat karakter di kelas eksperimen. Pembelajaran berbasis inkuiri dapat menjadi sarana peserta didik mengembangkan kreativitasnya melalui keterampilan proses ilmiah. Keberadaan ICT dapat menunjang terbentuknya kreativitas karena memberikan kemudahan peserta didik dalam belajar. Model dan media pembelajaran ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan karakter peserta didik sehingga dapat dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik yang telah dibekali karakter yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dipercaya mampu meminimalisir terjadinya penyimpangan budaya Indonesia. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tema klasifikasi berbasis inkuiri menggunakan ICT dapat memberikan pengaruh yang kuat dan positif terhadap tingkat kreativitas dan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar tugas mandiri, inkuiri, ICT, kreativitas, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:42
Last Modified: 11 Nov 2015 08:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item