EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL BAGAN KANJI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KANJI SISWA KELAS XII BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG


Muhimmatul Khusna, 2302911023 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL BAGAN KANJI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KANJI SISWA KELAS XII BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302911023-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran huruf kanji ditingkat SMA memiliki tiga unsur penting didalamnya yaitu langkah menulis, membaca on’youmi dan kun’yuomi, sekaligus mengartikan kanji. Hal ini sering menimbulkan kesulitan bagi siswa SMA. Akibatnya setelah dilakukan tes kanji hasil belajar yang diperoleh siswa belum ada yang mencapai KKM. Media konvensional yang digunakan pengajar dalam menyampaikan materi kanji menjadi penyebab kurang efektifnya pembelajaran materi kanji. Media konvensional kurang menyediakan berbagai unsur penting dalam mempelajari kanji diantaranya berisi kumpulan kanji, cara baca on’yomi dan kun’yomi lengkap, cara menulis secara detail, dan gabungan kanji yang disertai latihan yang praktis dibawa sebagai media belajar untuk siswa. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mengujicobakan Media Bagan Kanji yang merupakan salah satu media berbasis visual berbentuk gambar bagan yang berisi kumpulan kanji, cara baca on’yomi dan kun’yomi lengkap, cara menulis, dan gabungan kanji yang disertai latihan, alasan penggunaan media tersebut supaya siswa dapat belajar kanji dengan mudah karena media kanji memuat unsur-unsur penting yang dibutuhkan dalam belajar kanji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian model eksperimen tidak murni desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Bahasa SMAN 12 Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 16 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian dengnan rumus KR 21. Berdasarkan hasil analisis dan tes diperoleh hasil perhitungan menggunakan rumus t test, diperoleh t hitung = 13.8 sedangkan t tabel untuk N=16 dan derajat kebebasan (db) N-1 adalah = 2.13 dengan taraf signifikasi 5% dan 2.95 dengan taraf signifikasi 1%. Karena t hitung lebih besar dari tabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Bagan Kanji memiliki efektivitas dalam meningkatkan kemampuan kanji siswa kelas XII (Bahasa) SMA Negeri 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media visual, bagan kanji, kanji.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:37
Last Modified: 11 Nov 2015 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item View Item