PENGARUH MOTIVASI BERKOPERASI DAN LOYALITAS ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD MEKAR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Nurul Choeriyah, 7101411027 (2015) PENGARUH MOTIVASI BERKOPERASI DAN LOYALITAS ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA DI KUD MEKAR UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411027-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota. Hasil observasi awal di KUD Mekar Ungaran menunjukan bahwa partisipasi anggota masih kurang baik. Motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota dalam keadaan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi berkoperasi, loyalitasanggotadan partisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang, (2) Adakah pengaruh motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota terhadappartisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang, (3) Adakah pengaruh motivasi berkoperasi terhadap partisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang, (4) Adakah pengaruh loyalitas anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang, (5) Seberapa besar pengaruh pengaruh motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota terhadap partisipasi anggota di KUD Mekar Ungaran Kabupaten Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota aktif KUD Mekar Ungaran berjumlah 859 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan dihitung menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan 90 orang. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitianberdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa partisipasi anggota dalam kategori baik, motivasi berkoperasi dalam kategori baik, dan loyalitas anggota dalam kategori baik. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 5,775+ 0,340 X1 + 0,549X2. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil secara simultan motivasi berkoperasi dan loyalitas anggota secara bersamasama mempengaruhi partisipasi anggota KUD Mekar Ungaran sebesar 51,7%. Secara parsial motivasi berkoperasi berpengaruh positif terhadap partisipasi anggota sebesar 9,12%, loyalitas anggota berpengaruh positif terhadap partisipasi anggota sebesar 18,83%.Saran dalam penelitian ini adalah koperasi perlu meningkatkan motivasi berkoperasi para anggotanya yaitu dengan cara pemberian penyuluhan maupun bonus atau tunjangan kepada para anggotanya agar lebih termotivasi. Koperasi perlu lebih baik lagi dalam menyediakan barang bagi konsumen, agar tidak kalah dengan pesaing, sehingga anggota akan terus tertarik untuk bertransaksi dikoperasimaupun merekomendasikan kepada orang lain untuk bertransaksi dikoperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berkoperasi, Loyalitas Anggota, Partisipasi Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:02
Last Modified: 11 Nov 2015 00:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item