PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT KORESPODENSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya PrajaUngaran)


Mia Yulistiya Ningrum, 7101411026 (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT KORESPODENSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya PrajaUngaran). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411026-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar atau prestasi belajar merupakan tolak ukur dari keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan selama periode tertentu. Hasil belajar atau prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran dan untuk menilai kualitas sistem pendidikan yang diterapkan pada umumnya. Keberhasilan belajar ditentukan oleh banyak faktor, baik faktor intern maupun ekstern. Masalah dan tujuan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi studi kasus pada siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran.Populasi penelitian iniadalah semua siswa dari SMKWidya Praja Ungaran, dengan jumlah 88siswa. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik total sampling. Ada duavariabel yang diteliti dalam penelitian ini. Mereka adalah motivasi(X1), dan lingkungan(X2).Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakanSPSS19, ditemukan bahwa Y = -13,716 + 0.896X1 + 0.347X2 + e. Hasil uji parsial menemukan bahwa t hitung setiap variabel adalah 7,209; dan 3,873dengan signifikansi 0,000 <0,05. Ini berarti ada pengaruh dari masing-masing variabel: motivasi, dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi studi kasus pada siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran.Hasil uji simultan menemukan bahwa jumlah F adalah 221,916dengan signifikansi 0,000 <0,05. Ini berarti ada pengaruh motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi studi kasus pada siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran.Hasil penelitian ini adalah bahwa sebagian atau secara simultan, motivasi, dan lingkungan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi studi kasus pada siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMKWidya Praja Ungaran. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diperlukan peran dari pihak sekolah seperti guru mata pelajaran dan guru BK untuk dapat memberikan motivasi secara intens pada siswa dalam proses belajar mengajar dan bimbingan karir agar motivasi siswa semakin berkembang dan konsisten. Peran lingkungan yang bergerak dari lingkungan intern maupun lingkungan ekstern yang diharapkan mendapatkan perhatian terhadap anak-anak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan, HasilBelajarSiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:56
Last Modified: 10 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item