PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOVING CLASS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Warningsih, 3101411043 (2015) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOVING CLASS DI SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411043-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap sekolah melakukan berbagai inovasi pembelajaran untuk mendasari dan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak upaya yang dilakukan untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia, salah satunya penerapan sistem moving class yang bercirikan guru dan mata pelajaran memiliki ruangan sendiri, sehingga siswa yang mendatangi guru, bukan guru yang mendatangi siswa. Untuk dapat menjelaskan manajemen kelas secara maksimal, guru harus mendapatkan ruang kelas tersendiri untuk pelajaran yang diampu guru mata pelajaran yaitu kelas sejarah. Dengan begitu, guru dapat memanfaatkan ruang kelas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diajarkan. Guru juga dapat menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan siswa ketika dalam proses pembelajaran untuk mendukung media pembelajaran sejarah seperti miniature sejarah, peta dunia, dan gambar-gambar pahlawan. Selain itu guru juga lebih bebas memanfaatkan alat-alat peraga yang ada dikelas sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran sejarah berbasis moving class di SMA Negeri 1 Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan mengambil penelitian di SMA Negeri 1 Batang. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah, Guru Sejarah, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi sumber dan metode yang digunakan untuk menguji keabsahan data. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling atau sampel bertujuan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran sejarah berbasis moving class di SMA Negeri 1 Batang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pembagian waktu dalam pelaksanaan moving class sudah terkondisikan dengan baik, siswa diberi waktu 5- 10 menit untuk berpindah dari kelas satu ke kelas lainnya. Kondisi kelas (History Room) pada pembelajaran belum sesuai dengan konsep moving class yang mana pada kelas sejarah fasilitasnya kurang mendukung dalam pembelajaran sejarah. Display didalam kelas sejarah hanya terdapat sound, kaligrafi, kalender, slogan narkoba, sehingga perlengkapan yang tersedia sangat terbatas. Hambatan pada pelaksanaan moving class di SMA Negeri 1 Batang bahwa pembuatan jadwal kelas perlu disesuaikan dengan mata pelajaran dan ruangan selanjutnya. Hendaknya ada gambar-gambar sejarah, peta, miniature candi, poster dan kronologi sejarah kerajaan yang mencirikan kelas sejarah. Hasil karya siswa yang telah dibuat agar dapat dipajang didinding kelas agar siswa punya rasa kepemilikan kelas sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah , Moving Class
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:32
Last Modified: 10 Nov 2015 22:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item