PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN (Studi Kasus Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen)


Hadiatus Sarifah, 3401411113 (2015) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA PEREMPUAN (Studi Kasus Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411113-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan perempuan legitimasinya kurang diakui oleh masyarakat. Budaya patriarki masyarakat yang masih kuat, sehingga tidak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa kepemimpinan perempuan cenderung lemah. Prosentase perempuan yang terlibat dalam dunia publik dan politik juga masih sedikit. Stereotip masyarakat terhadap perempuan mengakibatkan perempuan kurang bisa bersaing dalam ranah publik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan kepala desa perempuan di Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, (2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap kemampuan kepala desa perempuan dalam mencapai tujuan yang diharapkan oleh masyarakat di Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan dan kemampuan kepala desa perempuan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan konsep gender stereotip, subordinasi perempuan dan feminis liberal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini mencakup 4 hal, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat persepsi negatif maupun positif dalam kepemimpinan kepala desa perempuan. Persepsi negatif ini muncul karena stereotip masyarakat terhadap perempuan, sedangkan dalam persepsi positif ini muncul karena sifat keperempuanannya dalam memimpin. (2) Menurut masyarakat, kemampuan kepala desa perempuan dalam dalam mencapai tujuan masih tergolong lemah. Hal ini terlihat dengan visi dan misi yang belum terlaksana sepenuhnya, kurangnya pelayanan administrasi pemerintahan desa, dan lemahnya pengembangan fisik desa, namun kemampuan kepala desa perempuan dalam menjalin relasi dengan pihak luar tergolong baik dan juga terciptanya kerjasama yang baik dengan masyarakat merupakan beberapa pencapaian kepala desa perempuan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi pemerintah Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan, penulis menyampaikan hendaknya kepala desa dalam memimpin dapat bersikap lebih tegas serta banyak belajar kepada perangkat desa, BPD, maupun masyarakat. Sedangkan untuk perangkat desa hendaknya membantu kepala desa dalam pencapaian tujuan pemerintahan desa, (2) Bagi masyarakat Desa Grogol Beningsari dan Desa Petanahan sebaiknya ikut menyukseskan program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan perempuan, masyarakat, persepsi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 21:44
Last Modified: 10 Nov 2015 21:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20824

Actions (login required)

View Item View Item