PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV DI SDIT AL-KAMILAH 01 BANYUMANIK
Rizqi Amalia , 1102411105 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) BERBASIS 3D PAGEFLIP PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV DI SDIT AL-KAMILAH 01 BANYUMANIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, bahwa proses pembelajaran di SDIT Al-Kamilah I menggunakan kurikulum 2013. SDIT Al-Kamilah menerapkan tiga macam cara penyampaian pembelajaran di dalam kelas diantaranya (1) ceramah, pembelajaran bersifat satu arah, (2) kegiatan praktik, guru merasa kesulitan dalam mengontrol situasi pembelajaran dan (3) penyampaian. Ketika guru menyampaikan materi di dalam kelas guru kesulitan dalam memvisualisasikan apa yang ada di buku pegangan siswa yang merupakan buku cetak. Kurangya media pembelajaran di kelas membuat para siswa menjadi jenuh dan bosan dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Selain itu, guru juga kesulitan dalam membuat alat peraga atau media pembelajaran. Mengantisipasi kendala tersebut dibutuhkan media pembelajaran baru yang menarik dan merangsang imajinasi serta kreatifitas siswa. Salah satunya adalah media buku pintar elektronik pada tema cita-citaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media buku pintar elektronik dan seberapa efektif pengembangan media buku pintar elektronik. Metode yang dipakai metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media buku pintar elektronik, setalah itu di terapkan kemudian dilakukan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan deskreptif presentase dan uji satu sampel untuk ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media buku pintar elektronik tema cita-citaku sub tema hebatnya cita-citaku pembelajaran 1 sampai 4. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi, tampilan, dan kefektifan prodak oleh ahli materi sebesar 94,44 % dinyatakan sangat baik, aspek media, interaktifitas dan media oleh ahli media sebesar 87,3% dinyatakan sangat baik dan hasil produk dan keefektifan oleh peserta didik sebesar 94,30% dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t Satu Sample memperoleh hasil yang baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa pada α = 5 % dengan dk=20-1 = 19 diperoleh t tabel = 2,228. Didapat t hitung = 8,13 ≥ ttabel = 2,228. Karena t hitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ho) diterima. Maka disimpulkan dapat disimpulkan bahwa media buku pintar elektronik ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, BPE Pengembangan, Tema Cita-citaku. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 18:26 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 18:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20735 |
Actions (login required)
View Item |