PERANAN GURU TIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 TEGAL


Septyawan Sukma Yudhanegara , 1102411099 (2015) PERANAN GURU TIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 4 TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411099-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru TIK berperan sebagai penyedia layanan bimbingan dan fasilitasi yang mana tugas dan peranannya telah terangkum dalam Permendikbud Nomor 38 tahun 2014 tentang peranan guru TIK dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengamati, mendeskripsikan dan menganalisis mengenai peran guru TIK di SMA Negeri 4 Tegal yang mana dalam melaksanakan program layanan bimbingan dan fasilitasi guru TIK memilki 3 tugas pokok yaitu (1) Program pelaksanaan layanan bimbingan dan fasilitasi yang berisi rancangan dalam melaksanakan layanan bimbingan dan fasilitasi (2) Layanan bimbingan dan fasilitasi dimana guru TIK bertanggung jawab membimbing dan memfasilitasi sesama guru, staf kependidikan dan siswa (3) Melaksanakan pengembangan diri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui wawancara secara mendalam, studi dokumentasi dan observasi mengenai pendekatan sifat perilaku dan situasi, selanjutnya dianalisasi melau teknik triangulasi dengan empat kriteria pengujian yakni (1) Kepercayaan; (2) keteralihan; kebergantungan; dan (4) kepastian yang kemudian dianalisis melalui tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun infoman yang mendukung dalam penelitian ini yakni, Kepala sekolah, Guru TIK, Guru mapel, staf kependidikan, dan siswa SMA Negeri 4 Tegal. Analisis penelitian ini, peranan baru guru TIK telah terlaksana dengan pedoman yang ada belum bisa dikatakan optimal karena masih belum sesuai dengan pedoman yang digunakan. Dalam kaitannya layanan bimbingan dan fasilitasi, rancangan program layanan tersebut belum terselesaikan secara menyeluruh, sehingga dalam proses pemberian layanan bimbingan dan fasilitasi data yang terkumpul belum tercatat dalam administrasi sekolah. Belum lamanya juknis yang diturunkan juga menjadi salah satu faktor terhambatnya proses layanan ini terlaksana dengan optimal. Saran: Berdasarkan kesimpulan, guru TIK diharapkan mampu melaksanakan beban berat yang diberikan dengan segera menyelesaikan rancangan program layanan sehingga pelaksanaan program layanan bimbingan dan fasilitasi bisa segera terlaksana dengan baik dan optimal serta tercatat dalam administrasi sekolah sehingga dapat meningkatkan kualitas sekolah dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dan sistem manajemen sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, fasilitator, implementasi kurikulum 2013, peranan guru TIK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 18:13
Last Modified: 10 Nov 2015 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20726

Actions (login required)

View Item View Item