PENGARUH SIFAT PERCAYA DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA STUDI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEJOBO KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015
Reza Fahrizal, 7101410068 (2015) PENGARUH SIFAT PERCAYA DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA STUDI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEJOBO KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara sifat percaya diri, lingkungan sekolah danminat terhadap hasil belajar di SMP Negeri 2 Mejobo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2014/2015. Hasil belajardapatmenunjukkantingkatkeberhasilanseseorangsetelahmelakukan proses belajar. Hasilbelajardipengaruhiolehfaktor intern (sifat percaya diri dan minat) danekstern (lingkungansekolah). Hasildariobservasiawal menunjukkanbahwahasil belajar dari nilai ulangan harian terakhir turun terus menerus selama 3 tahun ajaran.Tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 71 siswa belum memenuhi KKM, kemudian tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 96 siswa yang belum memenuhi KKMdan ditahun ajaran 2013/2014 sebanyak 127 siswa yang belum memenuhi KKM. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa sifat percaya diri, lingkungan sekolah dan minat di SMP Negeri 2 Mejobo juga dalam tingkat yang baik.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIII SMP Negeri 2 Mejobotahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 256 siswa dari 8 kelas, penelitianinimenggunakanpenelitianjenis random sampling dengan 156 responden. Variabeldalampenelitianiniyaitumeliputihasilbelajar, sifat percaya diri, lingkungan sekolahdanminat belajar.Metodepengumpulan data menggunakanmetodedokumentasidanangket. Metodeanalisis data menggunakananalisisdeskriptifdanregresi linier berganda.Hasilanalisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa sifat percaya diri secara umum berada pada kategori tinggi (65,98%), lingkungan sekolah berada pada kategori baik (73,6%) dan minat belajar juga pada kategori tinggi (67,1%). Hasil penelitianmenunjukkan bahwasifat percaya diri,lingkungan sekolahdanminat belajarberpengaruhsecarasimultanterhadaphasil belajar ekonomisebesar49,2%. Dengan kata lain pengaruh sifat percaya diri, lingkungan sekolah dan minat belajar tergolong tinggi.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhantarasifat percaya diri,lingkungansekolahdan minat belajarterhadaphasilbelajarsiswabaiksecarasimultanmaupunsecaraparsial. saran untuksiswahendaknyalebihmeningkatkanlagi sifat percaya diriagar tidak perlu mengandalkan orang lain, sekolahmenambahfasilitas yang kurang, danmengkondisikanlingkungansekolahdalamkeadaankondusifserta minat belajar siswa yang perlu ditingkatkan lagi untuk meraih hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sifat Percaya Diri, Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 17:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 17:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20702 |
Actions (login required)
View Item |