KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW)DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL
Mubarokah Khasanah, 1401411446 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW)DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan dasar. Bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan dasar berbahasa, yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan menulis. Menulis merupakan keterampilan dasar berbahasa yang sulit untuk dikuasai siswa. Salah satu penyebab sulitnya keterampilan menulis bagi siswa yaitu pembelajaran yang monoton. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya yaitu dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW) untuk mengetahui keefektifan model TTW pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Peneliti melaksanakan penelitian pada siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kecamatan Margadana Kota Tegal. Kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kecamatan Margadana Kota Tegal merupakan kelas paralel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Kelas VA terdiri dari 34 siswa, dipilih 30 siswa sebagai sampel dalam penelitian. Kelas VB terdiri dari 32 siswa, dipilih 28 siswa sebagai sampel dalam penelitian. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengambilan sampel pada teknik proportionate stratified random sampling dilakukan secara acak (random). Jumlah sampel ditentukan menggunakan tabel Krecjie, dengan taraf kesalahan 5%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t test juga dilakukan pada nilai hasil belajar siswa. Nilai t hitung yang diperoleh dari uji hipotesis dengan one sample t test adalah 3,566. Nilai t hitung tersebut dibandingkan dengan t tabel . Nilai ttabel diperoleh dengan penghitungan melalui microsoft excel dengan formula =tinv(0,005;27). Nilai ttabel yang diperoleh dari penghitungan tersebut adalah 2,003. Nilai signifikansi pada kolom sig 2 tailed menunjukkan angka 0,001. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa bahwa thitung > ttabel (3,566 > 2,364) dan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Berdasarkan analisis tersebut, diketahui bahawa hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal yang menggunakan pembelajaran model Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional. Jadi, dapat disimpulkan jika model Think Talk Write (TTW) efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Think Talk Write (TTW), hasil belajar, menulis puisi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 16:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 16:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20591 |
Actions (login required)
View Item |