RANCANG BANGUN SOCIAL LEARNING NETWORK DENGAN FITUR E-KONSELING


Rizal Yugo Prasetyo, 5302411189 (2015) RANCANG BANGUN SOCIAL LEARNING NETWORK DENGAN FITUR E-KONSELING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411189-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada berbagai jenis perangkat lunak e-learning, salah satunya adalah social learning network. Berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan satu faktor penting dalam pengembangan e-learning yang belum dikaji yaitu tentang pengembangan fitur konseling online dalam e-learning, oleh karena itu peneliti mengembangkan aplikasi e-learning dengan judul “Rancang Bangun Social Learning Network dengan Fitur E-Konseling”. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi social learning network dengan fitur ekonseling, menguji kualitas e-learning yang dikembangkan dari sisi conception/design dan learning process berdasarkan standar ISO 19796-1, dan menguji kualitas e-konseling yang dikembangkan berdasarkan kesesuaianya dengan konsep bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem menggunakan metode waterfall. Pengujian sistem dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengujian alpha, pengujian ahli dan pengujian beta. Pengujian alpha merupakan pengujian fungsional dari sistem yang telah dibuat, pengujian ini menggunakan metode black box. Pengujian ahli dibagi menjadi dua, yaitu ahli media dan ahli konseling, pengujian ahli media menggunakan standar penilaian e-learning berdasarkan ISO 19796-1 yang diuji oleh ahli media, pengujian e-konseling untuk mengetahui kualitas e-konseling dan kesesuaian konseling online dengan konseling yang terjadi di sekolah. Hasil penelitian berupa (1) telah dihasilkan aplikasi social learning network dengan fitur e-konseling yang dibangun dengan metode waterfall serta diuji dengan standar ISO 19796-1 pada aspek conception/design dan learning process oleh ahli media dan diuji kesesuaian proses konseling yang dilakukan oleh ahli konseling, (2) hasil penilaian e-learning dari sisi conception/design dan learning process berdasarkan standar ISO 19796-1 yang dilakukan oleh ahli media menunjukan sistem yang dikembangkan masuk pada kategori sangat baik (3) hasil penilaian ahli konseling berdasarkan kesesuaianya dengan konsep bimbingan dan konseling menunjukan e-konseling yang dikembangkan masuk pada kategori sangat baik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) dapat dikembangkan user kepala sekolah agar dapat memantau kegiatan yang berjalan pada e-learning, (2) dapat dikembangkan fitur-fitur e-konseling yang lain, seperti video conference dan bulletin board counseling, (3) dapat dikembangkan fitur-fitur social network yang lain yang sesuai dengan konsep aktivitas pembelajaran. viii DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: social learning network, e-konseling, e-learning
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:19
Last Modified: 10 Nov 2015 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20585

Actions (login required)

View Item View Item