PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL
Wakhid Anwar Anas , 1102410044 (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH NGADIWARNO SUKOREJO KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (847kB) | Preview |
Abstract
Penerapan pendidikan karakter di SMK Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal yang telah berlangsung cukup lama masih belum mampu mendukung pencapaian prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; (2) mendeskripsikan faktorfaktor yang menjadi penghambat dalam penerapan pendidikan karakter di SMK Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu (a) perencaaan melalui penyusunan silabus dan RPP, (b) pelaksanaan melalui kegiatan apersepsi, kegiatan inti dan penutup dimana nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam proses pembelajaran terdiri dari: religius, disiplin, kejujuran, pantang menyerah, rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab.dan (c) evaluasi/penilaian yang dilaksanakan oleh guru tidak terpaku pada hasil tes semester, tes tengah semester maupun hasil tes ulangan harian, namun juga mempertimbangkan keseharian setiap siswa di kelas dan lingkungan sekolah. (2) Faktor-faktor kendala dalam penerapan pendidikan karakter yaitu metode pembelajaran, sarana dan prasarana kurang memadahi dan pengelolaan kelas yang kurang baik dan adanya faktor internal (siswa) dan eksternal (lingkungan) yang kurang mendukung. Saran penelitian ini yaitu (1) dalam proses belajar mengajar, hendaknya guru lebih bervariasi dalam menanamkan memberikan materi khusunya terkait dengan pendidikan karakter sehingga siswa/ santri tidak merasa bosan; (2) Pihak sekolah diharapkan membuat suatu program atau kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan karakter sehingga nantinya bukan pada tarap wacana saja terapi dalam bentuk fisik nyata.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pendidikan Karakter dan Proses Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 11:25 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 11:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20491 |
Actions (login required)
View Item |