PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG
SITI MAISAROH, 1401411372 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
IPS merupakan integrasi dari cabang ilmu-ilmu sosial. Melalui IPS peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil refleksi awal pembelajaran IPS di SDN Tugurejo 01 kelas V menunjukkan kualitas pembelajaran rendah disebabkan guru dan siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Peneliti bersama kolaborator mengambil solusi menerapkan Model Two Stay Two Stray berbantuan media Audio Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Two Stay Two Stray berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tugurejo 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes (observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan angket). Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 25 kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 32 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 38 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 24,68 kriteria cukup, pada siklus II memperoleh skor 27,0 kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 30,47 kriteria baik. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 55% pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 69,23%, dan meningkat pada siklus III menjadi 89,50%; Afektif siklus I skor 9,88 kriteria cukup, siklus II skor 11,37 kriteria baik, dan siklus III skor 12,45 kriteria baik; Psikomotor siklus I skor 8,5 kriteria baik, siklus II skor 9,6 kriteria baik, siklus III skor 10,9 kriteria sangat baik Simpulan dari penelitian ini bahwa model Two Stay Two Stray berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif misalnya dengan menerapkan model Two Stay Two Stray berbantuan media Audio Visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio visual; IPS; Kualitas Pembelajaran; Two stay two stray |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 03:59 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 03:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20423 |
Actions (login required)
View Item |