PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS SISWA KELAS XII TKJ SMK WALISONGO PECANGAAN JEPARA


Septian Danny Kurniawan, 5302410058 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS SISWA KELAS XII TKJ SMK WALISONGO PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410058-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) berlangsung menggunakan metode ceramah yaitu guru lebih mendominasi dalam pembelajaran (teacher centered) kurang dapat meningkatkan hasil belajar siswa (kognitif, afektif, dan psikomotorik) sehingga siswa akan cenderung bersikap pasif dan tidak bisa mengoptimalkan keahlian yang dimiliki. Selain itu, siswa merasa bahwa pelajaran KKPI banyak menggunakan istilah-istilah yang sulit dipahami. Dengan demikian dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran KKPI. Hal ini ditandai dengan nilai semester 2 yaitu sebanyak 20 siswa tuntas, dan 25 siswa tidak tuntas dengan KKM sebesar 75. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu mengarahkan atensi siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi melalui pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Penelitian dilakukan di SMK Walisongo Pecangaan Jepara selama dua siklus pembelajaran. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk soal pilihan ganda, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif dari rerata 42,61 pada prasiklus menjadi 80,22 pada siklus I dan 85,72 pada siklus II. Rerata hasil belajar afektif (perilaku berkarakter) meningkat dari rerata 72,5 pada siklus I menjadi 79,06 pada siklus II dengan n-gain sebesar 0,24. Sedangkan hasil belajar afektif (keterampilan sosial) meningkat dari rerata 77,5 pada siklus I menjadi 85,8 pada siklus II dengan n-gain sebesar 0,37. Untuk hasil belajar psikomotorik, rerata pada siklus I 74,58 meningkat menjadi 86,11 pada siklus II dengan n-gain sebesar 0,45. Hasil analisis angket pendapat siswa terhadap pembelajaran, diperoleh persentase sebesar 75,70 % dengan 17,19 % menyatakan sangat setuju; 68,44 % setuju; 14,37 % tidak setuju; dan 0 % sangat tidak setuju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) serta memperoleh tanggapan positif dari siswa terhadap pembelajaran Practice Rehearsal Pairs.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Practice Rehearsal Pairs;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:42
Last Modified: 10 Nov 2015 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item