MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Mohamad Romadhon, 3101408091 (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA TEUKU UMAR SEMARANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101408091-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas XI IPS 1 SMA Teuku Umar Semarang bahwa dalam belajar sejarah siswa cenderung kurang tertarik atau kurang bermotivasi. Ada indikasi proses pembelajaran di dalam kelas kurang menarik. Hasil belajar siswa yang rendah salah satunya disebabkan oleh tidak fokusnya siswa terhadap proses belajar. Untuk meningkatkan motivasi belajar Sejarah, perlu dibutuhkan suatu media pembalajaran, seperti melalui pemutaran film dokumenter. Media pembalajaran ini diharapkan untuk dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang maksimal dari rendahnya motivasi belajar sejarah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Teuku Umar Semarang dalam belajar Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media film dokumenter yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian ini difokuskan pada pengamatan terhdap motivasi belajar, aktivitas dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media film dokumenter. Data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film dokumenter dikelasXI IPS 1 sangat efektif dalam memberikan kedalaman makna materi dan pengertian kepada siswa berkenaan dengan topic yang menjadi bahan pelajaran.Pembelajaran tersebut berpengaruh pada perubahan aktivitas yang tinggi oleh siswa ketika mengikuti pembelajaran, terbukti dari rata-rata aktivitas siswa mencapai 70,95%. Banyak siswa yang aktif bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan pendapat, berinteraksi dengan kelompok dan kerjasama dalam kelompok. Tingginya aktivitas ini merupakan bukti dari adanya motivasi siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Pada siklu II Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata 78,81% dalam kategori tinggi. Siswa lebih aktif dalam bertanya, menjawab, memberikan pendapat, berinteraksi dengan kelompok dan bekerjasama kelompok. Dari hasil pembelajaran dengan menggunakan media Film dokumenter dalam pembelajaran sejarah, materi yang dibahas menjadi lebih bermakna bagi siswa. Hal ini terlihat dari unjuk diri siswa dalam diskusi tanya-jawab di dalam KBM. Melalui tanya jawab, guru berusaha untuk menggali lebih dalam keaktifan siswa dengan mengeksplor aspek kognitif maupun minat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Film dokumenter
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:59
Last Modified: 10 Nov 2015 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item