HUBUNGAN LAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Nofiati Wulandari, 6411411091 (2015) HUBUNGAN LAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6411411091-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. Ada 5 indikator untuk mengukur pelayanan keperawatan, termasuk perhatian, penerimaan, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 89. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara layanan keperawatan aspek perhatian (0,011<0,05), aspek penerimaan (0,001<0,05), aspek komuikasi (0,004<0,05), aspek kerjasama (0,002<0,05), aspek tanggung jawab (0,001<0,05) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan layanan keperawatan (aspek perhatian, aspek penerimaan, aspek komunikasi, aspek kerjasama, dan aspek tanggung jawab) dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan layanan keperawatan di intalansi rawat inap, melakukan survei kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan. Patient satisfaction is one indicator of health care success. One of the factors that influence patient satisfaction is a nursing service. There are 5 indicators to measure nursing service, including attention, acceptance, communication, collaboration, and responbility. The purpose of this research was intended to indentify the correlation between nursing services and patient satisfaction in Ungaran Area General Hospital (RSUD) Semarang District The type of this research is an explanatory survey with cross sectional approach. The techniques used in taking the sampel is a purposive sampling which applied certain considerations in taking the sampel. The number of sampel is 89. The results of this research show that there is relation between the nursing service including attention (0,011<0,05), acceptance (0,001<0,05), communication (0,004<0.05), collaboration (0,002<0,05) and responbility (0,001<0.05) with patiens‟s satisfaction. The conclusion of this study there is relationship between nursing service (including attention, acceptance, communication, collaboration, and responbility) and the satisfaction of hospitalized patients of Ungaran Area General Hospital (RSUD) Semarang District. Advices given to increase the service nursing of hospitalization. Moreover, periodic survey of patient‟s satisfaction should be conducted to maintain continuous improvement

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Keperawatan, Rawat Inap, Kepuasan Pasien, Rumah Saki Nursing Service, Hospitalized Patients, Patient‟s Satisfaction, Hospital Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2006, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 279/MENKES/SK/IV/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas, Jakarta: Menteri Kesehatan. Mustofa A, 2008, Hubungan antara Persepsi Pasien Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Temanggung, Volume 1 No 2 Maret 2008, hlm 23-37. Notoatmodjo,S 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan , Jakarta Nursalam, 2003, Konsep dan Penerapan Metologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Penerbit Salemba Medika, Jakarta. , 2014, Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4, Salemba Medika, Jakarta. Pohan IS, 2006, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan, Penerbit EGC, Jakarta. Purwanto S, 2007, Kualitas Pelayanan Keperawatan, posted on 28 Desember 2007, (http:/www file:///E:/Kualitas Pelayanan Keperawatan Artikel Psikologi Klinis Perkembangan dan Sosial.htm). Purwanto E.A ,Sulistyastuti D.R, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial, Penerbit Gava Media. Prasetyo. B dan Jannah L.M, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran Kabupaten Semarang, 2011. Raheem, Et al, 2014, Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan, Department of Business Administration& Commerce, Indus University, Karachi, PAKISTAN, Institute of Business Administration, Sindh University, Jamshoro, PAKISTAN, Vol. 3(7), 34-38, July (2014) Sabarguna, 2008, Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit Edisi Revisi, CV. Sagung Seto, Jakarta. , dkk, 2013, Sanitasi Lingkungan dan Bangunan Pendukung Kepuasan Pasien Rumah Sakit ( Seri Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit II), Salemba Medika, Jakarta. Saryono dan Mekar Dwi Anggraeni, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dalam Bidang Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta. Sistem Kesehatan Nasional, 2009, Bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Sugiyono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta Bandung. Tjiptono , Anastasia Dian, 2011, Servis Management, Andi, Yogyakarta. Triwibowo, C. 2012 Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit, Sebuah Kajian Hukum Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta. Undang-Undang Republik Indonesia No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Zarei, et al, 2014, An Empirical Study of the Impact of Service Quality on Patient Satisfaction in Private Hospitals, Iran, Global Journal of Health Science; Vol. 7, No. 1; 2015ISSN 1916-9736 E-ISSN 1916-9744 Published by Canadian Center of Science and Education.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 01:32
Last Modified: 10 Nov 2015 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item