ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL BUKAN PENERIMA BANTUAN IURAN (NON PBI) DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Ulfa Royanah, 6411411166 (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL BUKAN PENERIMA BANTUAN IURAN (NON PBI) DI PUSKESMAS HALMAHERA KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6411411166-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 menyebutkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam JKN harus memperhatikan mutu pelayanan, dan berorientasi pada keamanan pasien, efektivitas pelayanan, kesesuaian dengan kebutuhan pasien, dan efisiensi biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien JKN non PBI di Puskesmas Halmahera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah Informan utama adalah 8 pasien dan informan pendukung yaitu kepala puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan akses pelayanan dan keamanan, pasien sangat puas dengan pelayanan yang diberikan puskesmas. Dan dilihat dari aspek kompetensi teknis, efektivitas pelayanan, hubungan antar manusia, kelangsungan pelayanan, dan efisiensi, pasien cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun pasien belum puas dengan aspek kenyamanan yang ada di puskesmas. Presidential Decree No. 12 of 2013 explained that the implementation of health services in JKN should pay attention to the quality of service, oriented aspects of patient safety, effectiveness services, conformity with the needs of patients , and cost efficiency. The purpose of this study was to know the level of patient satisfication participant program National Health Assurance (JKN) NonPBI at Puskesmas Halmahera. This research was a qualitative approach with descriptive study design. The research informans selected using purposive sampling. The number of main informants were 8 peoples and additional informants, namely the head of puskesmas. Data was collected through observation, indepth interviews, and documentation study. The results showed that based on the aspect of access to services and patients safety are satisfied with the services provided puskesmas. And viewed from the aspect of effectiveness, technical competence, human relation, continuity of service and efficiency, the patient are quite satisfied with the services provided puskesmas. But patients was not satisfied with the amenity in puskesmas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, JKN, Pasien Non-PBI, Puskesmas Halmahera Patient Satisfaction, National Health Assurance (JKN), Non Premi Recipent (Non PBI), Puskesmas Halmahera
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 00:11
Last Modified: 10 Nov 2015 00:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item