PELAKSANAAN GERAKAN SOSIAL SISWA (GSS) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS ANTAR TEMAN SEKOLAH DI SMP N 2 UNGARAN


KHUSWATUN KHASANAH, 3301411040 (2015) PELAKSANAAN GERAKAN SOSIAL SISWA (GSS) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS ANTAR TEMAN SEKOLAH DI SMP N 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411040-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gerakan sosial merupakan tindakan bersama untuk meningkatkan suatu perubahan di sekolah di mana usaha tersebut dilakukan oleh siswa, guru dan karyawan. Suatu gerakan sosial siswa di SMP N 2 Ungaran dapat meningkatkan solidaritas antar teman sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah bentuk gerakan sosial yang dilaksanakan di SMP N 2 Ungaran, (2) Apakah program gerakan sosial siswa tersebut dapat memberikan dampak positif bagi siswa penerima batuan sosial di SMP N 2 Ungaran, (3) Apakah Implementasi gerakan sosial siswa tersebut dapat menunjang aktivitas sekolah dalam bidang akademik dan non akademik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP N 2 Ungaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bentuk gerakan sosial yang dilaksanakan di SMP N 2 Ungaran, (2) Dampak positif dari siswa penerima batuan sosial di SMP N 2 Ungaran, (3) Gerakan sosial siswa dalam menunjang aktivitas sekolah dalam bidang akademik dan non akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan sosial siswa yang terjadi di SMP N 2 Ungaran yaitu semakin tinggi kelas siswa semakin rendah solidaritas siswa dan sebaliknya, hal ini dibuktikan dari antusiasme siswa dalam penggalangan dana.Bentuk gerakan sosial tidak hanya menciptakan nilai sosial, toleransi dan gotong royong terhadap siswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi penerima bantuan dan bukan penerima bantuan. Bagi penerima bantuan, siswa dapat meringankan beban mereka, sedangkan bagi bukan penerima bantuan dapat meningkatkan solidaritas, toleransi dan jiwa sosial antar siswa di SMP N 2 Ungaran. Aktivitas akademik dapat mendukung pembelajaran siswa yang kondusif, sedangkan aktivitas non akademik sekolah dapat mendukung fasilitas sekolah. Aktifitas akademik dan non akademik dapat terpenuhi untuk mensejahterakan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) siswa terbiasa untuk hidup gotong royong, toleransi, tolong menolong dan menghargai satu sama lain, (2) gerakan sosial siswa memberi dampak positif yaitu saling membantu, menciptakan pembelajaran yang kondusif, melatih kedisiplinan dan kerapian siswa setiap hari, (3) program gerakan sosial siswa menunjang bidang akademik dan non akademik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanan, Gerakan Sosial Siswa, Meningkatkan, Solidaritas
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 23:21
Last Modified: 09 Nov 2015 23:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20261

Actions (login required)

View Item View Item