PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA AKTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA


Lusiana Ramadhani, 2101411145 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA AKTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411145-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalinga masih tergolong rendah karena belum semua peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya keterampilan menulis teks berita peserta didik di antaranya peserta didik masih kesulitan dalam menulis teks berita, karena belum mampu menentukan ide dan membayangkan hal-hal apa yang akan ditulis karena keterbatasan pengetahuan mereka tentang berita. selain itu, kurangnya latihan dalam menulis menyebabkan tulisan peserta didik tidak padu dan sistematis, serta peserta didik kurang memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita, peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan perubahan perilaku pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kabupeten Kertanegara Purbalingga, setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan Model cooperative integrated reading and composition (CIRC) melalui media foto peristiwa aktual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita, mendeskrispsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan mendeskripsikan perubahan perilaku pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kabupeten Kertanegara Purbalingga, setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan media foto peristiwa aktual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan bantas ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis teks teks berita, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita, guru juga melakukan perbaikan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis teks berita berjalan dengan intensif, kondusif, dan menyenangkan. Peserta didik menjadi lebih percaya diri dan dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks berita. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rerata persentase dari siklus I sebesar 73,54% menjadi 96,11% atau meningkat sebesar 22,57%. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis teks berita mengalami peningkatan dengan nilai prasiklus peserta didik dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 60. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 72,48, sehingga terjadi peningkatan sebesar 20,67%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 83,25, sehingga terjadi peningkatan dari siklu I ke siklus II sebesar 14,85% dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 38,61%. Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah positif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata sikap tanggung jawab, toleransi, dan percaya diri dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis tek berita dengan model Cooperative Integrated Redaing and Composition (CIRC) dan media foto peristiwa aktual telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kertanegara Kabupaten Purbalingga dan mengubah perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. Saran bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan model Cooperative Integrated Redaing and Composition (CIRC) dan media foto peristiwa aktual dalam pembelajaran menulis teks berita karena terbukti meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks berita. Selain itu bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait keterampilan menulis teks berita dengan model, metode, teknik atau media pembelajaran lain yang lebih variatif, kreatif, dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, model cooperative integrated reading and composition (CIRC), media foto peristiwa aktual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 20:45
Last Modified: 09 Nov 2015 20:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item