PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN BACAAN ILMU ENGETAHUAN POPULER MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 39 SEMARANG


Fayati Isriatin, 2101411135 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN BACAAN ILMU ENGETAHUAN POPULER MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101411135-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang masih rendah. Hal ini dapat terlihat dari nilai siswa yang di bawah standar ketuntasan yang sudah ditentukan sekolah, yaitu 75. Indikator penyebabnya adalah siswa kurang terampil dalam menulis rangkuman pada aspek pilihan kata yang kurang sesuai dengan kaidah penulisan rangkuman, kesulitan dalam pengorganisasian tulisan yang belum sesuai kaidah, siswa kurang memperhatikan penggunaan EYD, dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta siswa menganggap bahwa keterampilan menulis rangkuman adalah hal yang sulit dan membosankan sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis rangkuman, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa, (3) bagaimana peningkatan keterampilan menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer menggunakan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses pembelajaran menulis rangkuman, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer menggunakan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis rangkuman siswa kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis rangkuman. Variabel bebasnya adalah model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes, pedoman observasi, lembar jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer menggunakan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran secara keseluruhan berjalan dengan baik, melalui tahap sintakmatik secara runtut sesuai dengan perencanaan pembelajaran, (2) perilaku siswa berubah menjadi lebih baik selama mengikuti pembelajaran, kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa menjadi senang, aktif, antusias, dan bersemangat mengikuti pembelajaran, (3) keterampilan menulis rangkuman meningkat sebesar 10,87 (6,8%) yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus I 74,03 dengan kategori cukup menjadi 84,90 dengan kategori baik pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer menggunakan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran pada siklus II mengalami perubahan ke arah positif dibanding dengan proses pembelajaran siklus I, penerapan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer mampu mengubah perilaku siswa ke arah positif, dan meningkatkan keterampilan menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang. Berkaitan dengan peningkatan hasil penelitian, saran bagi guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan model think pair share dengan teknik pemetaan pikiran sebagai alternatif pembelajaran menulis rangkuman. di sekolah. Adapun saran bagi siswa, hendaknya memiliki motivasi dan keinginan untuk belajar menulis rangkuman bacaan ilmu pengetahuan populer dan dapat memperhatikan beberapa aspek yaitu pilihan kata, pengorganisasian, dan ketepatan penggunaan EYD, sehingga kesulitan yang dihadapi pada saat pembelajaran menulis rangkuman dapat diatasi dengan baik. Saran bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan model lain yang lebih variatif dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis rangkuman, model think pair share, teknik pemetaan pikiran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 20:20
Last Modified: 09 Nov 2015 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20231

Actions (login required)

View Item View Item