PEMBELAJARAN TARI SAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG


Lisa Indrianingtias, 251410088 (2015) PEMBELAJARAN TARI SAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 251410088-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tari Saman adalah tarian yang iringan syairnya berisi puji-pujian kepada Allah SWT, serta diiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari. Berdasarkan pengamatan salah satu sekolah yang memberikan materi tari Saman kepada siswa adalah SMA Negeri 14 Semarang. Permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana pembelajarantari Saman yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA N 14 Semarang, (2)Bagaimana kreativitas siswa kelas XI SMA N 14 Semarang dalam pembelajaran tari Saman. Tujuan dari permasalahan tersebut yaitu: (1) Mengetahui dan mendiskripsikan pembelajaran tari Saman yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Semarang, (2) Mengetahui dan mendiskripsikan kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 14 Semarang dalam pempelajaran tari Saman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari Saman di SMA N 14 Semarang pada kelas XI meliputi persiapan dan pelaksanaan. Persiapan yaitu guru membuat silabus dan RPP. Silabus telah dibuat oleh pemerintah, sehingga guru hanya perlu membuat dan mengembangkan RPP. RPP yang telah dibuat oleh ibu Sri Sadtiti masih belum memenuhi standar aturan pemerintah karena masih terdapat beberapa kekurangan. Pelaksanaan pembelajaran meliputi sepuluh komponen yaitu guru, siswa, materi ajar, tujuan pembelajaran, metode, media, sarana prasarana, proses belajar mengajar yang meliputi pendahuluan, inti (mengamati, menanya, mengumpulkan, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil), penutup, kemudian aspek selanjutnya adalah sumber belajar dan evaluasi. Siswa berkreativitas sendiri mengembangkan gerakan-gerakan tari Saman, sehingga siswa dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi dalam mempelajari dan mempraktikkan tari Saman. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tari Saman di SMA N 14 Semarang telah berjalan dengan baik walaupun administrasi pembelajaran masih belum maksimal. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah guru seni tari agar lebih meningkatkan pengetahuannya tentang materi tari Saman padasiswa kelas XI dalam proses pembelajaran dengan cara membaca buku seni tari kelas XI atau mencari di internet tentang tari Saman, lebih mempelajari lagi gerakan tari Saman , dan bagi siswa agar lebih semangat lagi berkreativitas mempraktikkan tari Saman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, tari Saman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 09 Nov 2015 18:31
Last Modified: 10 Nov 2015 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item