KERAGAMAN MEDIA YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA DUA SMA DI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014


Riko Harlano Pradana , 3101410007 (2014) KERAGAMAN MEDIA YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA DUA SMA DI KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran sejarah, pada dasarnya media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu penyampaian isi materi oleh guru kepada peserta didik untuk memperjelas penyajian. Ketersediaan media di masing-masing sekolah dengan kreatifitas dan inovasi guru berdampak pada keragaman media yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sejarah? (2) Apa kendala-kendala yang di temui guru dalam pemanfaatan media pada pembelajaran sejarah?(3) Bagaimana apresiasi siswa terhadap pemanfaatan media oleh guru dalam pembelajaran sejarah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 10 Semarang dan SMA Islam Hidayatullah Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, waka sarpras dan siswa SMA Negeri 10 Semarang dan SMA Islam Hidayatullah Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi langsung, (2) wawancara mendalam, (3) dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Semarang diantaranya LCD proyektor, tape recorder, gambar, foto, buku, internet dan LKS, sedangkan di SMA Islam Hidayatullah Semarang guru sejarah menggunakan media LCD proyektor, sound system, film dokumenter, teka-teki silang, tebak kata sejarah, peta buta, buku, tugas proyek dan internet. (2) kendala yang ditemui guru dalam pemanfaatan media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Semarang diantaranya LCD rusak, guru sakit, sedangkan di SMA Islam Hidayatullah Semarang diantaranya ialah pemahaman siswa, pemadaman listrik bergilir, dan aktualisasi guru terhadap media pembelajaran. (3) apresiasi siswa di SMA Negeri 10 Semarang, siswa merasa guru kurang mengoptimalkan media pembelajaran yang tersedia, sedangkan di SMA Islam Hidayatullah Semarang, siswa merasa senang, karena dalam setiap pembelajaran guru selalu menggunakan media. Berdasrkan hasil penelitian saran yang diperoleh yaitu (1) Setiap sekolah harus memberikan fasilitas media pembelajaran yang memadai. (2) Setiap sekolah harus mengadakan pelatihan dan pengembangan penggunaan media untuk guru. (3) Guru sejarah perlu meningkatkan intentitas penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Guru sejarah, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2015 18:11
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item