PEMANFAATAN WARISAN KOTA TRADISIONAL LASEM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 LASEM)


Dwi Yuni Kartika Ningtyas, 3101409031 (2014) PEMANFAATAN WARISAN KOTA TRADISIONAL LASEM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 LASEM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101409031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang selama ini kurang berhasil dengan metode konvensional mengharuskan adanya pembaharuan sistem pendidikan, yakni dengan mengembangkan konsep pembelajaran kontekstual. Pembelajaran seperti ini akan mengajak siswa untuk belajar dari kondisi riil yang ada di lingkungan sekitar mereka, dan bukan hanya sebatas teori yang kurang bisa dimaknai karena jauh di luar jangkauan pengalaman siswa. Upaya guru antara lain yaitu dengan memanfaatkan warisan Kota Tradisional Lasem dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja warisan kota tradisional Lasem yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Lasem? (2) Bagaimana guru memanfaatkan warisan kota tradisional Lasem dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Lasem?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah serta siswa kelas XI IPS dan IPA SMA Negeri 1 Lasem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) wawancara mendalam; (2) observasi; (3) dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah SMA Negeri 1 Lasem telah memanfaatkan warisan kota tradisional Lasem dalam pembelajaran sejarah. Warisan kota tradisional Lasem yang dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah ini dikategorikan menjadi peninggalan berupa benda dan peninggalan berupa seni dan nilai budaya. Dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Lasem, warisan kota tradisional Lasem telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar, model pembelajaran, dan metode pembelajaran. Adapun dalam pelaksanaannya guru mengalami beberapa kendala, diantaranya kurangnya alokasi waktu mata pelajaran sejarah, sulitnya mengkondisikan siswa, dan keterbatasan guru dalam mendapatkan media kaitannya dengan warisan kota tradisional Lasem. Terlepas dari kendala yang dialami guru, pemanfaatan warisan kota tradisionla Lasem memberikan dampak positif dalam pembelajaran sejarah, yakni menumbuhkan minat siswa dan menambah rasa cinta mereka terhadap sejarah lokalnya. Saran yang diajukan hendaknya ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pemerintah daerah, dan lembaga atau organisasi kesejarahan di Lasem dalam upaya mengenalkan warisan kota tradisional Lasem. Sumber belajar yang berupa buku teks seharusnya lebih diperbanyak. Guru sejarah dapat berperan aktif mengembangkan silabus, RPP, metode, media dan teknik evaluasi yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Warisan Kota Tradisional, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2015 14:53
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item