PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)


Farisya Puspita Alfihani , 2303410031 (2014) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303410031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (2) mengetahui prototipe metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (3) mengetahui analisis penilaian guru dan ahli terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), dan (4) mengetahui hasil uji coba keefetifan metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence) terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa soal tes untuk siswa berupa materi pelajaran yang diajarkan, dan tes kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Alat data nontes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, serta angket ujin validitas ahli terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), observasi guru terhadap siswa, observasi penilaian dari siswa, dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru menghendaki sebuah metode yang berisi langkah-langkah rinci proses pembelajaran meliputi latar belakang, asumsi, langkah-langkah penyajian, tujuan penggunaan, dan cara identifikasi kecerdasan siswa. Kemudian mendapatkan penambahan pengantar, penunjang penyajian, contoh langsung pada materi, dan pembetulan penulisan setelah dilakukan uji validitas oleh beberapa ahli terhadap aspek kelayakan isi, penyajian, dan aspek bahasa. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan, yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 5,224, dari hasil penilaian siswa melalui angket menunjukkan t hitung 3,791, dan dari hasil observasi guru menunjukkan t hitung 10,959. Semuanya jatuh pada daerah penerimaan Ha, Sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,746 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Metode Pembelajaran, Keterampilan membaca, dan Multiple Intelligences
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2015 18:07
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20160

Actions (login required)

View Item View Item