PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VC SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG


INDRA MUGAS, 1401410069 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VC SD ISLAM HIDAYATULLAH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401410069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi bersama kolaborator SD Islam Hidayatullah Kota Semarang ditemukan masalah kualitas pembelajaran IPS kelas VC masih rendah. Hal ini disebabkan kurang adanya optimalisasi penggunaan model pembelajaran inovatif sehingga berdampak pada keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar rendah. Hasil belajar siswa hanya ditentukan dari ranah kognitif. Berdasarkan nilai IPS semester gasal tahun ajaran 2013/2014, hanya 13 dari 28 siswa yang mampu mencapai ketuntasan belajar (46,43%). Diperlukan suatu perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Powerpoint. Rumusan masalah penelitian adalah “Apakah dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SD Islam hidayatullah Kota Semarang?” Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus, satu pertemuan di setiap siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I diperoleh skor 24 kriteria baik, siklus II diperoleh skor 29 kriteria sangat baik, siklus III diperoleh skor 32 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 14,5 kriteria cukup, siklus II diperoleh skor rata-rata 17,6 kriteria baik, siklus III diperoleh skor rata-rata 22,7 kriteria sangat baik. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh ketuntasan klasikal siklus I sebesar 71,4%, siklus II sebesar 78,6%, siklus III sebesar 96,4%. Hasil belajar ranah afektif diperoleh jumlah skor siklus I sebesar 7,2 kriteria baik, siklus II sebesar 7,7 kriteria baik, dan siklus III sebesar 9,7 kriteria baik. Hasil belajar ranah psikomotor diperoleh jumlah skor siklus I sebesar 7 kriteria baik, siklus II sebesar 8,6 kriteria baik, dan siklus III sebesar 10 kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SD Islam Hidayatullah Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TGT (Team Games Tournament), Powerpoint, Kualitas Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jun 2014 12:14
Last Modified: 11 Jun 2014 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item