PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG
DONIS SANJAYA, 1401409304 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang kurang optimal karena guru kurang maksimal dalam penggunaan media/alat peraga, siswa kesulitan menguasai materi yang diajarkan guru karena tidak disertai demonstrasi secara bertahap, guru tidak memberikan penguatan dan motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah melalui penerapan model Direct Instruction dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui penerapan model Direct Instruction dengan media audio visual kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Gisikdrono 03 Semarang. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB sebanyak 35 siswa, tetapi pengamatan aktivitas siswa difokuskan pada 12 siswa dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa dan (3) hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 35 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 36 kategori sangat baik dan siklus III skor 40 kategori sangat baik.(2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 22 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor rata-rata 26 kategori baik dan siklus III skor rata-rata 30,6 kategori sangat baik.(3) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 63%, siklus II meningkat ketuntasan klasikal sebesar 77% dan siklus III ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu keterampilan guru dan aktivitas siswa meningkat dengan kategori sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 80% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model Direct Instruction dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Saran bagi guru adalah model Direct Instruction dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran IPA SD kelas IVB.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran IPA, Direct Instruction, Audio visual. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 12:32 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 12:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20080 |
Actions (login required)
View Item |