PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN KONSELOR MENURUT PERSEPSI SISWA DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Dewi Septin Tri Siswanti, 1301408059 (2014) PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN KONSELOR MENURUT PERSEPSI SISWA DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN KONSELOR MENURUT PERSEPSI SISWA DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (15MB) | Preview |
Abstract
Profil kompetensi kepribadian konselor menurut persepsi siswa adalah proses penginterpretasian siswa terhadap kompetensi atau kemampuan kepribadian konselor yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penginterpretasian tersebut melibatkan pengalaman siswa yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian konselor yang akhirnya akan disimpulkan dan ditafsirkan oleh siswa. Penginterpretasian ini akan membentuk konsep tentang profil kompetensi kepribadian konselor. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kompetensi kepribadian konselor di SMA Negeri se- Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2012/2013? Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan 7 SMA Negeri yang menjadi sampel penelitian dengan jumlah responden 245 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen skala psikologis dengan jumlah butir sebanyak 80 item. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata profil kompetensi kepribadian konselor termasuk kriteria baik pada berimhan YME (83,23%), pada menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas, dan kebebasan memilih (77,07%), pada menjunjung integritas stabilitas kepribadian yang kuat (79,97%), dan menampilkan kinerja yang berkualitas tinggi (77,40%). Kemampuan kompetensi kepribadian konselor yang paling unggul yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME (83,23%), sedangkan yang paling rendah yaitu menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas, dan kebebasan memilih (77,07%). Simpulan dari penelitian ini adalah profil kompetensi kepribadian konselor menurut persepsi siswa termasuk dalam kriteria baik. Saran yang diberikan yaitu konselor diharapkan untuk lebih meningkatkan kompetensi kepribadian konselor yang lebih baik dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kompetensi Kepribadian Konselor |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Jun 2014 10:45 |
Last Modified: | 05 Jun 2014 10:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20059 |
Actions (login required)
View Item |