UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) 1 SMK NEGERI 2 TEGAL


Priska Rieftiana Rizqi, 1301409005 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) 1 SMK NEGERI 2 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) 1 SMK NEGERI 2 TEGAL]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) 1 SMK NEGERI 2 TEGAL) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan perencanaan karier adalah kesanggupan siswa dalam menentukan langkah yang akan dilakukan dalam karier yang diinginkannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang dimiliki. Kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) 1 termasuk dalam kategori rendah berdasarkan hasil analisis Daftar Cek Masalah bidang karier. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan perencanaan karier melalui layanan informasi karier pada siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 2 Tegal. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperimen Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tegal yang jumlah 263 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling di mana sampel adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) 1 berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan observasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment. Reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan gambaran siswa sebelum diberikan layanan informasi karier memiliki presentase rata-rata kemampuan perencanaan karier 58,4% (kategori rendah). Setelah memperoleh layanan informasi karier meningkat menjadi 76,1% (kategori tinggi). Berdasarkan analisis uji wilcoxon diperoleh Zhitung=0 dan Ztabel=73, jadi nilai Zhitung<Ztabel. Berdasarkan perhitungan tersebut maka Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima. Disimpulkan bahwa layanan informasi karier dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) 1 SMK Negeri 2 Tegal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya konselor lebih bervariatif dan meningkatkan frekuensi pemberian layanan informasi karier untuk membantu siswa dalam membuat perencanaan karier secara tepat. Selain itu, bagi sekolah untuk memfasilitasi konselor yang bertugas agar memperdalam dan mengembangkan layanan Bimbingan Konseling khususnya layanan informasi karier.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan perencanaan karier siswa, layanan informasi karier.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2014 10:17
Last Modified: 05 Jun 2014 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20057

Actions (login required)

View Item View Item