PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP TAMTAMA KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014


Novi Istiqomah, 1301409017 (2014) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP TAMTAMA KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP TAMTAMA KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP TAMTAMA KEMRANJEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar siswa dapat diartikan cara atau teknik yang menetap pada diri siswa pada waktu menerima pelajaran, membaca buku, mengerjakan tugas, dan pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan belajar. Kebiasaan belajar siswa kelas VIII B masuk dalam kategori rendah berdasarkan hasil analisis DCM. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII B SMP Tamtama Kemranjen Banyumas Tahun Ajaran 2013/2014? Jenis penelitian adalah eksperimen dan desain penelitian Pre Eksperimen Design dengan One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tamtama Kemranjen Banyumas yang jumlahnya 62 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII B berjumlah 31 siswa yang memiliki kebiasaan belajar kurang. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan gambaran siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten memiliki presentase rata-rata kebiasaan belajar 60,0% (kategori sedang). Setelah memperoleh layanan penguasaan konten meningkat menjadi 78,5% (kategori tinggi). Berdasarkan analisis uji coba diperoleh thitung = 13,877 dan ttabel = 2,042, jadi nilai thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan tersebut maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa sebelum dan setelah diberikan layanan penguasaan konten. Simpulan yang dapat diambil yaitu layanan penguasaan konten memberikan pengaruh positif terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VIII B SMP Tamtama Kemranjen Banyumas. Dari hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan kepada kepala sekolah agar memfasilitas guru BK untuk memperdalam dan mengembangkan layanan Bimbingan Konseling khususnya layanan penguasaan konten, serta bagi guru BK agar meningkatkan frekuensi pemberian layanan penguasaan konten terkait kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar siswa, layanan penguasaan konten.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2014 09:58
Last Modified: 05 Jun 2014 09:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20054

Actions (login required)

View Item View Item