PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU POKOK BAHASAN WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP N 5 SATU ATAP BUMIJAWA


Dede Cahyadi, 1102409029 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU POKOK BAHASAN WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP N 5 SATU ATAP BUMIJAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU POKOK BAHASAN WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP N 5 SATU ATAP BUMIJAWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU POKOK BAHASAN WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP N 5 SATU ATAP BUMIJAWA) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada guru mata pelajaran IPA Terpadu memperoleh hasil sebagai berikut. Dari 43 siswa di kelas VII, 15 diantaranya belum memenuhi syarat ketuntasan hasil belajar, siswa susah sekali mencerna pelajaran IPA Terpadu, dan keterbatasan kemampuan guru dalam membuat media. Mengantisipasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran baru yang menarik serta dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas siswa, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis flash dan seberapa efektif pengembangan media pembelajaran berbasis flash. Metode yang digunakan metode Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran berbasis flash, setalah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t Satu Sampel diperoleh hasil yang baik, hasil perhitungan pada α = 5 % dengan db=41 diperoleh t tabel = 2,680. Didapat t hitung = 2,757 ≥ ttabel = 2,680. Karena t hitung ≥ ttabel maka hipotesis (Ho) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flash ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Hendaknya guru membekali dirinya dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih baik tanpa mengurangi esensi dalam menyampaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA Terpadu, Media Pembelajaran Berbasis Flash, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:38
Last Modified: 03 Jun 2014 11:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item